Pentingnya Cukup Tidur Saat Sedang Berpuasa

manfaat tidur saat puasa

Pentingnya Cukup Tidur Saat Sedang Berpuasa – Saat sedang berpuasa, tidur pun akan memiliki pahala namun bukan berarti orang harus melakukan lebih banyak tidur daripada beraktifitas. Bagi orang yang memiliki pekerjaan kecil kemungkinan bisa bermalas-malasan dengan tidur saat berpuasa. Kemungkinan besar justru jam tidur yang makin berkurang. Pasalnya pada saat puasa, maka akan ada waktu dimana harus makan sahur terlebih dahulu. Hal ini tentu saja mengubah waktu tidur. Belum lagi apabila setelah sahur sudah tidak bisa tidur kembali.

Itulah mengapa pada saat berpuasa, penting kiranya untuk memperhatikan setiap asupan nutrisi agar  tubuh tetap terjaga kesehatannya. Selain itu perlu juga memperhatikan waktu tidur. Apalagi bagi orang yang akan mengalami kesulitan tidur kembali setelah sahur atau sholat shubuh. Apabila hal ini sampai terjadi maka bisa mengakibatkan kurang tidur atau tidur pun kurang berkualitas akibatnya justru lemas dan malas beraktifitas.

Pentingnya Cukup Tidur Saat Sedang Berpuasa

Mengapa kita tidak boleh meremehkan kecukupan tidur saat berpuasa? menurut dr. Andreas Prasadja, RPSGT seperti yang dikutip tempo.co mengungkapkan bahwa ketika seseorang mengalami gangguan tidur bisa menimbulkan dampak kurang baik bagi tubuhnya. Dalam penuturannya jangan sampai seseorang meremahkan soal kurang tidur. Karena ketika seseorang kurang tidur maka hal tersebut akan menganggu semua sistem kinerja tubuhnya. Beberapa diantaranya adalah 
  • Otak sulit fokus. Sudah tentu akan menganggu aktifitas atau pekerjaan yang seharusnya dilakukan. Mengantuk sudah pasti menurunkan produktifitas kerja yang dilakukan.
  • Emosi mudah meledak. Orang kurang tidur cenderung akan mudah marah atau langsung emosi hanya karena hal-hal sepele.
  • Metabolisme tubuh terganggu. Hal ini akan sangat menimbulkan gangguan bagi orang berpuasa. sistem metabolisme terganggu dimana keinginan makan bertambah, cenderung mudah lapar. 
  • Kurang tidur juga bisa menimbulkan bahaya bagi diri sendiri maupun orang lain. Misalnya tetap memaksakan diri untuk mengendarai motor atau mobil padahal mengantuk. Tentu saja bisa menimbulkan kecelakaan fatal.

Obat Mujarab Kurang Tidur

Lalu apa obar mujarab kurang tidur? Tentu saja tidur dan itulah jawaban yang disampaikan dr. Andreas. Saat mengantuk jangan dipaksakan untuk mengonsumsi kopi, minuman berenergi dan lainnya dengan harapan akan kembali fokus bekerja, tidak mengantuk dan memulihkan stamina. Mengantuk itu sakit dan obatnya tentu saja tidur. 

Tips Menyiasati Cukup Tidur Saat Puasa

Agar memperoleh waktu istirahat atau jam tidur yang cukup saat menjalankan puasa maka perlu melakukan persiapan khusus. Pastikan telah memiliki menu sahur sehingga tidak perlu memasaknya cukup menghangatkannya saat saat pagi. Pilih menu yang cepat namun sehat misalnya oatmel, susu dan buah. Tentu proses untuk menyiapkannya sangat mudah. Hal ini akan membantu Anda untuk bisa memajukan jam tidur malam. Memajukan jam tidur sehingga bisa bangun sahur sesuai waktu yang diinginkan. Untuk mengetahui berkualitas tidaknya waktu tidur yang dilakukan bisa dilihat bagaimana keadaan tubuh saat pagi dan siang hari. Apabila terasa lemas, tidak segar dan cepat mengantuk saat siang hari, bisa jadi waktu tidur Anda kurang berkualitas.

semacam masih seorang blogger angin-anginan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel