Tips Praktis dan Sederhana Mengatasi Kolik Pada Bayi

Tips Sederhana dan Praktis Mengatasi Kolik Pada Bayi - Kolik biasa digambarkan dengan sesi tangisan dan ketidaknyamanan pada bayi, yang sehat sekalipun. Ini biasanya terjadi di saat yang sama setiap harinya, biasanya di awal malam dan bisa bertahan hngga 3 jam atau lebih. Bayi yang kolik menangis keras, menarik lutut, mengepalkan tangannya, dan tampak nyeri perut. Menenangkan tidak berpengaruh pada bayi. Sebanyak 1 dan 5 bayi kena kolik, biasanya di mulai 2-3 minggu setelah kelahiran, dan tak satupun tahu sebabnya. Kolik hilang saat bayi berusia 4 bulan dan umumnya tidak berbahaya. Pada beberapa bayi ini bisa disebabkan alergi susu sapi.

Tips Praktis dan Sederhana Mengatasi Kolik Pada Bayi

Anda segera hubungi dokter jika tingkah laku bayi atau tangisannya tiba-tiba berubah dari pola normalnya, bayi demam, diare, atau muntah, ada darah dalam tinja bayi, atau bayi Anda tidak cukup berat badannya.
Kolik bisa bervariasi dari setiap bayi, coba lakukan langkah-langkah berbeda berikut ini untuk meredakan kolik yang menyerang si kecil.

  • Jika minum susu botol, coba ubah ke formula hipoalergik selama seminggu untuk melihat apakah masalahnya akibat alergi susu. Jika Anda menyusui, keluarkan produk susu dari pola makan Anda. jika kolik membaik, teruskan langkah ini.
  • Terlalu banyak kafein dalam susu ibu bisa membuat bayi cepat kesal, jadi kurangi asupan kopi dan minuman lain yang mengandung kafein.
  • Hentikan sejenak dan buat bayi sendawa setidaknya 2 kali selama setiap kali menyusui. Jika minum susu, periksalah lubang dotnya apakah terlalu besar sehingga bayi tersedak, atau terlalu kecil hingga bayi sulit menyusui. Anda bisa menemukan botol dan dot “ anti kolik
  • Tenangkan bayi dengan cara berbeda ( coba lihat tips praktis ).

Tips Praktis Menenangkan Bayi Kolik – Bayi kolik bisa tak terduga hingga Anda perlu mengubah taktik dari waktu ke  waktu.
  • Jika bayi gampang kaget dan peka dengan stimulasi, coba rutinitas sebelum tidur yang menenangkan, mandikan dan beri susu bayi. Taruh bayi di boksnya dalam suasana yang tenang, redupkan lampu.
  • Suara latar belakang bisa menenangkan bayi, coba buat bayi tidur dengan suara penyedot debu dan mesin cuci di latar belakang. Jika bayi bisa di tenangkan dengan gerakan, bawa berjalan-jalan dengan kereta dorongnya, atau taruh di kursi bayi dan bawa berkeliling dengan mobil.
  • Minta bantuan keluarga dan teman di malam-malam sulit. Jika Anda sendirian, taruh bayi di ayunan dan bernyanyilah untuknya selama Anda melakukan tugas di rumah.
Demikian tips dan panduan singkat mengatasi permasalahn bayi yang kolik uyang dapat Anda lakukan dirumah. Happy parenting. Image : shooterstock.com
BASRI.D.S.Kep Kami miliki visi back to nature, dengan menggali potensi herbal melalui pendekatan biological based practice untuk membantu penyembuhan penyakit dan meningkatkan status kesehatan agar hidup lebih berkualitas. Semua konten yang dipublish di blog ini bersifat edukatif, bukan sebagai standar/panduan pengobatan, tetap berkonsultasi ke dokter atau ahli herbal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel