Kenali Jenis Cacing Yang Sering Menyerang Anak dan Cara Pencegahan

Kenali Jenis Cacing Yang Sering Menyerang Anak dan Cara Pencegahan
Kenali Jenis Cacing Yang Sering Menyerang Anak dan Cara Pencegahan - Cacingan adalah adanya cacing di perut anak-anak yang kemudian mengganggu pencernaan dan keseluruhan tubuh mereka secara umum. Anak yang mengalami cacingan ditandai dengan keluhan gatal di sekitar dubur, perut terasa tidak nyaman, nyeri di perut, dan bahkan cacing bisa keluar bersama kotoran atau tinja.

Jenis Cacing Yang Kerap Menyerang Anak

Ada beberapa jenis cacing yang bisa menyerang anak apabila terdapat di perut mereka, antara lain:

Cacing Kremi
Cacing kremi merupakan cacing kecil berwarna putih berbentuk mirip parutan kelapa. Cacing ini bisa menyerang anak lewat kotoran yang terdapat pada kuku tangan, kaki, makanan, atau saat buang air ditempat yang kurang bersih. Telur cacing kremi kemudian masuk ke dalam tubuh dan berkembang menjadi cacing. Rasa gatal tak terhingga di sekitar dubur kerap kali dialami oleh penderita cacing kremi.

Cacing Gelang
Cacing gelang berukuran lebih besar dan lebih biasanya lebih panjang serta warna kemerahan. Cacing ini bisa berputar ke seluruh bagian perut dan penderita akan terasa nyeri serta kurang nyaman di bagian perutnya. Seperti halnya cacing kremi, cacing gelang masuk melalui telur yang terdapat pada kotoran kuku tangan, kaki, makanan, dan tempat yang kurang bersih lainnya.

Cacing Pita
Cacing ini biasanya terdapat pada babi dan bisa menyerang manusia yang memakan dagingnya. Cacing pita bisa menyebabkan perut terasa nyeri, mulas, dan tidak nyaman. Cacing ini berkembang dengan pesat apabila tidak segera diberi pengobatan yang sesuai.

Pencegahan dan Pengobatan

Untuk mencegah penyakit cacingan, biasakan hidup bersih dan sehat pada bayi dan anak. Jika bayi mulai suka memasukkan benda-benda ke dalam mulutnya, berikan benda yang aman dan bersih. Mainan dari plastik dan karet yang aman bisa di cuci setiap pagi dan disiram air panas, atau direbus. Perhatikan juga kuku tangan dan kaki agar selalu pendek dan tidak kotor. Biasakan juga mencuci tangan dan kaki setelah beraktivitas dan mandi dengan teratur dua kali sehari.

Pencegahan terhadap cacingan juga bisa dilakukan dengan cara memberikan anak obat cacing secara berkala sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Apabila anak telah terlanjur mengalami cacingan maka berkonsultasi ke dokter sangat disarankan. Terutama bagi cacingan yang disertai dengan keluhan nyeri di perut sampai terjadi demam.
BASRI.D.S.Kep Kami miliki visi back to nature, dengan menggali potensi herbal melalui pendekatan biological based practice untuk membantu penyembuhan penyakit dan meningkatkan status kesehatan agar hidup lebih berkualitas. Semua konten yang dipublish di blog ini bersifat edukatif, bukan sebagai standar/panduan pengobatan, tetap berkonsultasi ke dokter atau ahli herbal.

0 Response to "Kenali Jenis Cacing Yang Sering Menyerang Anak dan Cara Pencegahan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel