8 Langkah Cerdas Menjaga Kesehatan Mata

8 Langkah Pintar Menjaga Kesehatan Mata - Setiap orang pasti menyadari betapa pentingnya organ penglihatan (mata) bagi, bisa Anda bayangkan ketika seseorang tidak bisa melihat (buta), bagaimana mereka bisa menikmati dunia yang indah, bagaimana mereka bisa melihat wajah orang-orang disekitarnya, dan bagaimana mereka bisa memenuhi kebutuhannya sendiri, tentu akan memerlukan bantuan orang lain. Nah, sedikit gambaran betapa pentingnya mata bagi seseorang. Jadi sangat bijaksana jika kita selalu memperhatikan dan menjaga kesehatan mata, agar tetap bisa berfungsi otimal. Lalu, bagaimana cara yang benar menjaga kesehatan mata? Ada banyak hal-hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mempertahankan kesehatan mata Anda, ini dia tipsnya.


Ada banyak hal-hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mempertahankan kesehatan mata Anda, ini dia tipsnya

Riwayat Kesehatan Mata Keluarga

Menurut ahli, bahwa salah satu penyebab gangguan penglihatan bisa disebabkan oleh keturunan (genetik), oleh karena itu bicaralah pada keluarga atau kepada orang tua, tanyak apakah Ada anggota keluarga yang didiagnosis menderita penyakit mata tertentu, ini untuk mennetukan seberapa besar Anda berisiko menderita penyakit mata.

Menjaga Jarak Pandang

Hal ini kelihatannya sepele, dan jarang kita perhatikan ketika berhadapan dengan media elektronik, misalnya komputer, televisi. Kebiasaan duduk terlalu dekat dengan media tersebut akan menyebabkan gangguan pada penglihatan Anda, nah jarak pandang yang dianjurkan untuk menonoton TV sekitar 50-100 cm. Dan jarak pandang ketika membaca sekitar 30 cm.

Jangan Sering Mengucek Mata

Biasanya, ketika mata gatal, secara spontan kita akan mengucek-ngucek mata, benar bukan? Tapi tahukah Anda bahwa kebiasaan mengucek mata tidak baik untuk kesehatan mata, apalagi ketika tangan Anda kotor, kemudian langsung mengucek mata, besar kemungkinan Anda akan menderita infeksi pada mata.

Selalu istirahatkan Mata

Jangan dipaksakan mata Anda berhadapan dengan komputer, tV, atau terlalu lama membaca, karena mata akan lelah dan sakit, coba istirahkan mata Anda beberapa waktu , lakukan kebiaasaan ini setiap harinya.

Perbanyak Komsumsi Makanan yang Kaya Akan Vitamin A

Bukan rahasia lagi, bahwa vitamin A memiliki fungsi untuk menjaga dan mengoptimalkan fungsi organ penglihatan Anda (mata), oleh karena itu perbanyaklah makan makanan yang banyak mengandung Vitamin A, seperti wortel, bayam, tomat, apel, buah naga, pisang, sereal, umbi-umbian, hati sapi, dan olahan susu.


Gunakan Pelindung Mata

Biasakan memakai pelindung mata saat Anda melakukan aktivitas diluar ruangan, seperti ketika berkendaraan, olahraga, dan sebagainya.. banyak kacamata yang sudah dirancang khusus olahraga dan melindungi mata dari cedera, dan terhindari dari debu.

Periksa Mata Secara Berkala

Memeriksakan mata secara berkala ke dokter mata akan memastikan fungsi penglihatan Anda baik-baik saja, dan tidak mengalami gangguan atau penyakit khusus.

Berhenti Mero*kok

Ro*kok banyak memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan Anda, salah satunya ro*kok dapat menyababkan penyakit katarak dan kerusakan saraf optik mata.

Mudah bukan?, mulai sekarang biasakan melakukan kebiasaan-kebiasaan ringan diatas agar kesehatan mata tetap terjaga dan Anda terhindar dari berbagai gangguan dan penyakit mata.
BASRI.D.S.Kep Kami miliki visi back to nature, dengan menggali potensi herbal melalui pendekatan biological based practice untuk membantu penyembuhan penyakit dan meningkatkan status kesehatan agar hidup lebih berkualitas. Semua konten yang dipublish di blog ini bersifat edukatif, bukan sebagai standar/panduan pengobatan, tetap berkonsultasi ke dokter atau ahli herbal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel