Cara Ampuh Atasi Batuk Pada Bayi dan Anak Balita

- Saturday, July 06, 2013
Healthynesia – Pada balita, batuk biasa terjadi karena infeksi saluran pernafasan dan alergi. Selain itu, batuk juga bisa dikarenakan masuknya cairan atau benda asing ke paru-paru. Misalnya tersedak karena benda-benda lain seperti kacang atau susu. Batuk juga bisa dikarenakan sinusitis, yaitu radang di rongga sinus.

Ada dua jenis batuk yaitu batuk kronis dan batuk akut. Disebut batuk kronis apabila batuknya telah berlangsung selama 14 hari atau lebih dan bisa berulang. Disebut batuk berulang apabila batuk berlangsung selama tiga kali dalam 3 bulan secara berturut-turut. Misalnya Januari, Februari dan Maret secara berturut-turut. Pada balita, kondisi seperti ini merupakan gejala penyakit Asma, TBC, atau batuk rejan ( batuk 100 hari ).

Batuk akut biasanya lebih ringan, batuk ini disebabkan oleh flu, radang tenggorokan, atau tersedak. Batuk akut berlangsung tidak lebih dari 14 hari. Akan tetapi Anda tetap perlu waspada, sebab batuk ini bisa sebagai pertanda suatu penyakit seperti pneumonia ( radang paru-paru ).

Beberapa cara penanganan batuk pada Anak, antara lain :

  • Jika anak batuk terus-menerus selama satu jam atau lebih perlu diwaspadai, kemungkinan ini merupakan gejala bronkhitis. Bronkhitis disebabkan oleh infeksi virus pada paru-paru. Batuk ini bisa diatasi dengan memberikan oksigen agar anak mudah bernapas.
  • Jika batuk disertai demam, biasanya sebagai gejala batuk rejan.Anak akan terlihat lesu, lidah membiru, dan sedikit minum. Apabila ada dua hal tersebut terjadi, anak segera dibawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.
  • Tidak memberi minuman dan makanan yang dapat merangsang timbulnya batuk. Contoh es, permen, atau makanan berlemak.
  • Memberi minuman dan makanan kepada anak dengan porsi sedikit tetapi cukup sering agar anak tidak muntah.
  • Mengolesi dada anak dengan minyak kayu putih atau minyak telon agar anak merasa nyaman.

Bagaimana mencegah batuk pada anak ?

  • Jika anda batuk sedang menyusui bayi, gunakan masker agar bayi Anda tidak tertular.
  • Tidak batuk di sembarang tempat.
  • Memberikan anak makanan yang bergizi agar daya tahan tubuh anak tetap bagus.
  • Beberapa penyakit batuk bisa dicegah dengan imunisasi. Contohnya batuk pertusis dengan imunisasi DPT serta mencegah TBC dengan imunisasi BCG.
Advertisement