Cara Menguruskan Badan 100% Aman dan Sehat

Cara Menguruskan Badan 100% Aman dan Sehat - Memliki berat badan proporsional atau berat badan ideal tentu menjadi idaman setiap orang, setuju? coba bayangkan dengan berat badan ideal akan membuat bentuk tubuh Anda ideal pula sehingga Anda semakin percaya diri di dalam pergaulan sehari-hari. Hanya saja tidak semua manusia mendapat keberuntungan memiliki tubuh yang langsing atau atletis, tentu banyak hal yang menjadi faktor penyebabnya, seperti faktor internal (keturunan, usia dan sebagainya) dan ekseternal (pola dan gaya hidup yang tidak sehat, penyakit dan lain-lain). Memiliki berat badan yang berlebihan (kegemukan) tentu akan meninggalkan banyak permasalahan, disamping tubuh kelihatan jelek dan penampilan yang kurang meyakinkan, kegemukan juga bisa memicu berbagai masalah kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes, kolesterol dan lain-lain. Dengan kondisi ini tentu Anda akan melakukan berbagai cara menguruskan badan benar bukan? baca juga : Mengenal Diet Pada Penderita Gagal Ginjal
Jika Anda mencari informasi tentang cara menguruskan badan di internet, tentu Anda akan menemukan banyak informasi tentang cara menurunkan berat badan, mulai dari cara alami, dengan obat-obatan sampai dengan menggunakan cara-cara yang ekstrim. Namun Anda juga perlu berhati-hati dan perlu lebih selektif memilih tips menurunkan berat badan yang aman dan efektif. Metode menguruskan badan secara cepat dan instan dengan obat-obatan pada prinsipnya kurang baik, mengapa? menurunkan berat badan dengan obat-obat tertentu secara cepat tentu terlihat tidak alami bahkan akan membahayakan kesehatan Anda. Untuk itu beberapa tips sederhana berikut ini yang berangkat dari kebiasaan dan pola hidup sehat yang harus dilakukan secara konsisten akan membuat tubuh jauh lebih sehat dan berat badanpun akan turun secara alami dan sehat, berikut tips dan caranya:

1.Komsumsi Air Putih Yang Cukup   

Air putih merupakan salah satu solusi bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, kok bisa ya? faktanya, menurut penelitian ilmiah yang pernah di lakukan peneliti yang berkebangsaan jerman menunjukkan bahwa komsumsi air putih yang cukup dapat menurunkan berat badan dengan memungkinkan lebih banyak kalori yang terbakar. Fakta dari hasil penelitian lainnya menunjukkan bahwa orang yang semakin banyak minum air serta makan buah dan sayuran akan mengurangi kebiasaannya mengkomsumsi minuman bergula tinggi. Lalu caranya bagaimana? Anda dapat mengkomsumsi air putih sebelum makan, dan bila Anda merasa mudah lapar dan memiliki kebiasaan mengemil, maka ganti cemilan Anda dengan air putih atau dengan buah-buahan yang kandungan airnya tinggi. baca juga : Obesitas ? Kebiasaan Yang Harus di Hindari

4 Cara Menguruskan Badan Yang Aman dan Sehat

2.Mengatur Pola Makan Anda

Untuk menguruskan badan, maka Anda wajib mengatur pola makan Anda dengan benar, Anda harus membuat daftar atau list menu makanan yang akan di komsumsi sehari-harinya, jika Anda bingung untuk memulainya sebaiknya disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli gizi Anda, dengan demikian kebutuhan gizi Anda akan tetap terpenuhi, dan keinginan untuk memiliki berat badan yang proporsional akan benar-benar terwujud.

Artikel menarik lainnya : 7 Tips Smart Pola Makan Yang Sehat

Nah, berikut ini beberapa contoh jadwal pola makan sehat untuk menurunkan berat badan Anda.
  • Hari Pertama, siapkan satu cangkir kecil kopi bagus lagi kopi hijau atau teh manis saat sarapan di pagi hari. kemudian dilanjutkan dengan menu makan  siang dengan 1 ikat bayam, 2 buah kentang rebus, 2 butir telur,dan 1 buah tomat matang. Dan sebagai hidangan makan malam yaitu selada 150 gram dnegan 1 sendok makan minyak untuk salad dan 1 porsi daging bakar.
  • Hari Kedua, komsumsi buah segar, 1 sendok makan minyak makan untuk salad selada dan 1 potong daging bakar untuk menu makan siangnya. Sedangkan untuk sarapan di pagi hari sama dengan menu pada hari pertama. Untuk makan malamAnda bisa komsumsi 1 buah pisang, ayam kukus sebanyak 250 gram dan 1 gelas yoghurt tawar.
  • Hari Ketiga, untuk sarapannya Anda dapat menyamakan dengan hari-hari sebelumnya, atau boleh di tambah dengan sepotong roti bakar. Saat Anda makan siang jangan lupa 1 buah tomat matang dan seledri kukus, tambahkan juga buah segar. Sedangkan untuk makan malamnya Anda bisa makan ayam rebus dua iris, telur rebus 2 butir dan selada.

3.Olahraga Rutin Minimal 30 Menit Setiap Hari

Beberapa jenis olahraga yang disarankan untuk dilakukan dan terbukti menurunkan berat badan secara sehat.
  • Pertama, berjalan kaki merupakan jenis olahraga yang paling simpel dan murah, tidak memerlukan perlengkapan khusus yang harganya mahal, cukup dengan memakai sepatu yang membuat Anda merasa nyaman saat berjalan, dan juga akan melindungi kaki Anda dari benda-benda berbahaya di jalan, seperti paku, beling, kerikil dan lain-lain. Dan jalan kaki juga sangat cocok untuk mereka yang mempunyai masalah kesehatan khusus, seperti obesitas dan juga penyakit jantung., karena jalan kaki merupakan oktivitas olahraga yang mampu menurunkan berat badan secara signifikan, dengan catatan dilakukan secara konsisten dan teratur.
  • Kedua, tahukah Anda bahwa olahraga renang yang dilakukan dengan baik akam mampu membakar kalori 400 hingga 700 kalori per jam, makanya olahraga ini juga dianjurkan bagi Anda yang ingin menguruskan badan sehingga berat badan kembali ideal. Disamping itu, olagraga renang juga mampu menjaga kebugaran tubuh, bahkan beberpa atlit menggunakannya sebagai terapi cedera lho, menarik bukan? Khusus bagi Anda yang tidak bisa berenang tidak perlu khawatir Anda cukup bergerak dari ujung kolam satu ke ujung yang lainnya, maka Anda telah melakukan upaya yang bagus untuk menurunkan berat badan.
  • Ketiga, bersepeda tenyata juga mampu membakar lemak 372 hingga 1.100 kalori/jam tergantung berat badan, kecepatan, dan medan yang ditempuh. Dengan melakukan olahraga bersepeda tentu efektif menurunkan berat badan Anda, namun tentu tidak semua orang memiliki waktu yang cukup untuk melakukan hal ini, benar bukan? solusinya Anda bisa melakukan olahraga ini di dalam ruangan, pilihlah spinning atau olahraga bersepeda di dalam ruangan dirumah, gym atau tempat fitness, lebih baik lagi jika Anda memiliki pelatih sehingga benar-benar bisa mengarahkan Anda dan target penurunan badan yang diinginkan akan tercapai.
  • Keempat, jika Anda hobi berlari, maka kabar baik buat Anda, mengapa? karena ternyata olahraga lari merupakan olahraga yang mampu membakar kalori hingga 600 kalori perjam, disamping itu manfaat lainnya adalah membantu membangun dan menguatkan jaringan tulang, menyehatkan jantung sehingga akan terbebas dari resiko penyakit stroke, serangan jantung dan juga penyakit jantung. Sekedar saran, sebelum memulai lari sebaiknya lakukan pemanasan terlebih dulu dengan cara berjalan dan mengangkat lutut, agar nantinya tidak terjadi cedera, karena lari tergolong olahraga yang memiliki risiko tinggi.

4.Konsistensi dan Komitmen Untuk Menurunkan Berat Badan

Segala sesuatu di awali dengan niat dan tujuan benar bukan? sama halnya jika Anda ingin menurunkan berat Anda, tentu harus di dasari dengan tekad dan niat yang kuat sehingga saat Anda menjalani tahapan-tahapannya selalu disiplin dan tidak mudah menyerah. Yakinlah jika Anda bersungguh-sungguh untuk menurunkan berat badan dan menjalani prosesnya dengan cara yang sehat dan aman, maka Anda akan mendapatkan hasil yang benar-benar Anda inginkan.

Demikian ulasan singkat tentang cara menguruskan badan atau cara menurunkan berat badan dengan aman dan menyehatkan, semoga membantu. baca juga : Kurangi Berat Badan Dengan Cara Ngemil Kismis
BASRI.D.S.Kep Kami miliki visi back to nature, dengan menggali potensi herbal melalui pendekatan biological based practice untuk membantu penyembuhan penyakit dan meningkatkan status kesehatan agar hidup lebih berkualitas. Semua konten yang dipublish di blog ini bersifat edukatif, bukan sebagai standar/panduan pengobatan, tetap berkonsultasi ke dokter atau ahli herbal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel