Tips Mudah atasi Konstipasi ( Sembelit )

Tips Mudah atasi Konstipasi ( Sembelit )
Tips Mudah atasi Konstipasi ( Sembelit ) - Buang air besar normalnya bisa bervariasi dari 3 kali sehari 3 kali seminggu, dan sebagian besar orang punya kebiasaan teratur. Bagaimanapun, Jika Anda mengeluarkan tinja keras kurang dari 3 kali seminggu, Anda kemungkinan menderita konstipasi. Gejala lainnya kembung, mual, kram di perut bagian bawah. Makan makanan rendah serat, tidak banyak minum, gaya hidup tak aktif, dan/ atau berulangkali mengabaikan keinginan ke toilet dapat menyebabkan konstipasi. Beberapa obat, seperti penghilang nyeri dan suplemen zat besi, dan penyakit bisa menyebabkan konstipasi.

Ada beberapa cara mengobati konstipasi ringan dan mencegah dari munculnya, lihat beberapa tips sederhana berikut ini.
  • Beberapa makanan seperti prune sersifat sebagai laxatife ( melancarkan BAB ), jadi masukkan ini dalam makanan Anda. Jangan melupakan sarapan. Minum banyak air saat sarapan menstimulasi usus besar.
  • Minum sekurangnya 8 gelas air dan/ atau juice buah sehari. Hentikan teh, kopi, dan kola yang akan membuat dehidrasi.
  • Lakukan 20-30 menit olahraga, seperti berjalan, bersepeda, atau berenang setiap hari, sebagai aktivitas menstimulasi saluran pencernaan.
  • JIka langkah ini tak membantu, coba minum suplemen serat.
  • Gunakan stimulan laksatif jika konstipasi parah.
Suplemen serat membuat kotoran lebih lembek dan mudah keluar. Jenis paling umumnya adalah bran, yang dapat di campur dengan sereal, sup, juice buah. Awali dedikit dan bertahap tambahkan. Jika tak suka coba produk yang mengandung ispaghula husk atau methylcellulose.

Laksatif Stimulan seperti senna, dapat digunakan sementara, tapi dalam jangka panjang atau penggunaan berlebih dari laksativa stimulan dapat membuat Anda lebih konstipasi karena usus Anda jadi tak efisien tanpanya.

Pencegahan

Tips berikut ini akan membantu Anda untuk menghindari gangguan pencernaan ( Konstipasi ).
  • Pergi ke toilet jika ingin buang air, jangan menunggu. Jangan tergesa saat buang air.
  • Tambah asupan serat Anda secara bertahap, tambahkan makanan seperti muesli, roti gandum, sayur dan kacang dalam pola makan Anda. Minum banyak air.

Atur jadwal ke dokter jika konstipasi tidak membaik setelah 7 hari, atau Anda tak BAB dengan normal, tapi diare, atau juga Anda mengalami konstipasi yang berulang

BASRI.D.S.Kep Kami miliki visi back to nature, dengan menggali potensi herbal melalui pendekatan biological based practice untuk membantu penyembuhan penyakit dan meningkatkan status kesehatan agar hidup lebih berkualitas. Semua konten yang dipublish di blog ini bersifat edukatif, bukan sebagai standar/panduan pengobatan, tetap berkonsultasi ke dokter atau ahli herbal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel