Tips Menaklukkan Wasir ( Haemorroid )

Tips Menaklukkan Wasir ( Haemorroid )
Tips Menaklukkan Wasir ( Haemorroid ) - Wasir ( haemorroid ) adalah vena yang membengkak di dalam dan sekitar anus. Mereka biasanya terjadi pada orang yang sering menderita konstipasi ( sulit buang air besar ), atau sering mengedan saat buang air besar, atau sering terkena diare.

Gejala umumnya adalah bercak merah darah di kertas toilet atau dalam toilet. Mengeluarkan tinja bisa menyakitkan, bahkan dudukpun terasa tidak nyaman dan nyeri. Kulit sekitar anus terasa gatal dan iritasi. Wasir dapat muncul keluar dari anus dan membentuk benjolan. Kondisi ini lebih umum pada wanita hamil dan orang yang kelebihan berat badan ( obesitas ).

Menderita wasir merupakan kondisi yang sangat mengganggu dan tidak menyenangkan, tapi ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk bersama pengobatan dokter.
  • Obati konstipasi untuk menghindari pemicu atau memperparah wasir. Wasir kecil sering menghilang setelah konstipasi sembuh.
  • Pergi ke toilet segera saat Anda ingin. Jangan mengedan saat mengeluarkan tinja, dan jangan tergesa-gesa. Bahkan jika Anda merasa belum mengeluarkan semua, jangan memaksa keluar.
  • Bersihkan anus setelah buang air besar dengan handuk lembab atau tissue toilet yang lembab.
  • Jika mungkin, duduk di bak dengan air hangat yang dangkal sekitar 15 menit, 3 atau 4 kali sehari. Jangan gunakan sabun untuk membersihkan daerah anal Anda. Keringkan sesudahnya.
  • Komsumsi penghilang nyeri untuk mengurangi rasa nyeri.
  • Jika wasir nyeri dan muncul, istirahatlah di ranjang sepanjang hari. bubuhkan  sekantong es ( es tumbuk dalam kantung yang dibungkus handuk ) ke anus dalam selama 15-20 menit hingga 4 kali sehari.
  • Coba obat wasir yang dijual bebas.

OBAT

  • Penghilang Nyeri : Parasetamol atau ibuprofen, dapat mengurangi rasa tidak nyaman. Jika nyerinya bertahan lebih dari beberapa hari, bagaimanapun, berhenti menggunakan penghilang nyeri dan konsultasikan dengan sokter. 
  • Obat Wasir : Tersedia dalam bentuk krem, salep, dan suppository ( dimasukkan lewat lubang pelepasan ). Ini mengurangi nyeri dan memudahkan buang air. Beberapa mengandung anestetik lokal yang membuat mati rasa dan mengurangi iritasi, atau steroid yang mengurangi radang. Jangan gunakan obat wasir lebih dari 6 hari karena menyebabkan iritasi lebih lanjut. 
  • Saran medis lebih lanjut : Kunjungi dokter jika perdarahannya semakin parah, perdarahan, iritasi, atau nyeri tak menghilang setelah beberapa hari pengobatan.
BASRI.D.S.Kep Kami miliki visi back to nature, dengan menggali potensi herbal melalui pendekatan biological based practice untuk membantu penyembuhan penyakit dan meningkatkan status kesehatan agar hidup lebih berkualitas. Semua konten yang dipublish di blog ini bersifat edukatif, bukan sebagai standar/panduan pengobatan, tetap berkonsultasi ke dokter atau ahli herbal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel