Tips Praktis dan Aman atasi Cegukan

Semua orang sesekali mengalami cegukan – pengambilan udara yang cepat akibat kejang berulang, tak di sengaja di diafragma Anda
Tips Praktis dan Aman atasi Cegukan - Semua orang sesekali mengalami cegukan – pengambilan udara yang cepat akibat kejang berulang, tak di sengaja di diafragma Anda. Meskipun ini terjadi tanpa alasan yang jelas, penyebab umumnya adalah kebanyakan atau terlalu cepat makan; makanan berempah, sangat panas atau dingin; minuman bersoda; atau minuman alko*hol.

Merokok berat, atau faktor emosional seperti gugup atau kaget, dapat menyebabkan serangan cegukan. Cegukan biasanya terjadi tidak lebih dari beberapa menit. Cegukan yang berlangsung lebih dari beberapa hari dapat menjadi tanda dari suatu penyakit, dan mengakibatkan gangguan tidur ( kesulitan tidur ) dan menurnnya berat badan.

Biasanya serangan cegukan akan menghilang dengan sendirinya, namun jika Anda ingin menghilangkannya segera, coba tips dan cara-cara mudah dan praktis berikut ini.
  • Tahan nafas Anda sebisa mungkin, atau tarik dan keluarkan nafas dengan cepat. Alternatif lain, bernafaslah kedala kantong kertas.
  • Hirup air es atau kunya es tumbuk, selama 10-15 menit.
  • Makan roti kering atau cracker.
  • Taruh sesendok teh gula pasir di bagian belakang lidah dan telan.
  • Hisap seiris lemon yang direndam dalam angostura bitter, atau hirup sedikit cuka.
  • Tekan lidah, atau sentu bagian belakang lidah dengan jari atau cotton bud.
  • Duduk di kursi atau di lantai dan tekan lutut keras ke dada Anda selagi Anda mencondongkan badan kedepan.
  • Minta seseorang mengagetkan Anda, ini kadang bisa menghentikan cegukan.
  • Jika cegukan tidak berhenti lebih dari 24 jam, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Tips Praktis Bernafas di Kantung Kertas

Tahan kantung kertas ( jangan kantung plastik ) dihidung dan mulut, bernafaslah, tarik dan buang kedalam dengan keras selama 10 kali. Udara yang dibuang mengandung lebih banyak karbondioksida dan bernafas kembali dari kantung dapat merilekskan diafragma dan menghentikan cegukan.
Nah, demikian beberapa tips aman dan praktis yang dapat Anda gunakan jika mengalami cegukan, semoga bisa membantu.
BASRI.D.S.Kep Kami miliki visi back to nature, dengan menggali potensi herbal melalui pendekatan biological based practice untuk membantu penyembuhan penyakit dan meningkatkan status kesehatan agar hidup lebih berkualitas. Semua konten yang dipublish di blog ini bersifat edukatif, bukan sebagai standar/panduan pengobatan, tetap berkonsultasi ke dokter atau ahli herbal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel