Nafas Anda Sering Berbunyi ( Wheezing ) ? Simak Tipsnya

Nafas Anda Sering Berbunyi ( Wheezing ) ? Simak Tipsnya
Nafas Anda Sering Berbunyi ( Wheezing ) ? Simak Tipsnya - Suara siulan tinggi terdengar saat mengeluarkan nafas ( ekspirasi ). Dada Anda mungkin terasa sesak dan Anda merasa kesulitan bernafas. Keadaan ini biasanya dipicu oleh berbagai penyebab diantaranya  asma, akibat reaksi alergi pada substansi yang terhisap seperti debu, stres, udara dingin, atau olahraga. Penyebab lainnya termasuk infeksi dada, ro*kok, reaksi alergi yang parah, atau masalah jantung atau paru-paru.

Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk mengurangi atau mencegah serangan asma, juga bertujuan mendukung pengobatan yang telah diberikan oleh dokter.
  • Saat serangan asma mulai, coba usahakan agar tetap tenang dan bernafas perlahan. Duduk dengan posisi yang nyaman, Anda dapat condong kedepan dan taruh lengan di meja atau bagian punggung kursi.
  • Jika menggunakan inhaler Asma, bawa setiap saat dan gunakan sesuai aturan. Simpan inhaler ekstra di rumah, tempat kerja, atau sekolah.
  • Jika stres membuat bernafas makin sulit. Coba gunakan teknik bernafas dalam dan latihan relaksasi otot, Anda dapat menggunakannya untuk menenangkan diri saat serangan.
  • Olahraga teratur, seperti berjalan kaki dapat membuat Anda bugar, sepanjang tidak membuat parah kesulitan bernafas.
  • Jauhi udara dingin. Lingkari scarf longgar di sekitar wajah untuk menghangatkan udara yang Anda hirup. Jika polusi udara tinggi, tetap di dalam dan tutup jendela dan pintu.
  • Hindari lingkungan berasap atau berdebu dan pemicu alergi, dan jika Anda termasuk pero*kok maka berhentilah.


Tips Mengurangi Alergen di Rumah

Banyak orang yang menderita asma, alergi dengan kotoran tungau debu. Pemicu lainnya termasuk jamur, bulu dan serpihan kulit binatang, dan zat kimia rumah tangga. Lakukan tips berikut ini untuk mengurangi pemicunya.
  • Bersihkan permukaan dengan kain basah atau coba buang barang tak berguna. Jangan beri terlalu banyak mainan lembut pada anak asma. Setiap 2 minggu, masukkan mainan ke kantung di freezer selama 6 jam, atau cusi dengan air panas.
  • Gunakan isi bantal dengan isi sintetis dan ganti sprei dan sarung bantal setiap minggu.
  • Ganti karpet dengan vynyl atau kayu.
  • Yakinkah rumah berventilasi baik. Tutup pintu kamar mandi untuk mencegah lembab menyebar.
  • Jangan memelihara binatang jika alergi.
BASRI.D.S.Kep Kami miliki visi back to nature, dengan menggali potensi herbal melalui pendekatan biological based practice untuk membantu penyembuhan penyakit dan meningkatkan status kesehatan agar hidup lebih berkualitas. Semua konten yang dipublish di blog ini bersifat edukatif, bukan sebagai standar/panduan pengobatan, tetap berkonsultasi ke dokter atau ahli herbal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel