Tips Mengurangi Nyeri Pada Tungkai

Tips Mengurangi Nyeri Pada Tungkai
Tips Mengurangi Nyeri Pada Tungkai - Setelah berdiri atau berjalan lama, biasanya tungkai akan terasa pegal, bengkak dan over aktivitas dapat menyebabkan nyeri ditelapak kaki atau tumit, atau ketegangan otot dan tendon. Sepatu yang terlalu longgar atau ketat atau sepatu olahraga yang tidak menyokong kaki, menambah masalah ini. Morton’s neuroma ( saraf yang bengkak diantara tulang jari kaki ) dapat menyebabkan nyeri di bagian ujung telapak kaki. Beberapa masalah yang memengaruhi seluruh tubuh, seperti gout, diabetes, dan arthritis, juga menyebabkan nyeri. Baca Juga : Tips Mengurangi Nyeri Sendi Lutut

Keadaan ini tentu sangat tidak nyaman, dan akan mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Jika Anda sering menderita nyeri tungkai, mungkin langkah-langkah berikut ini bisa membantu untuk mengurangi ketidaknyamanan akibat nyeri.
  • Usahakan mengenakan sepatu yang nyaman sehingga Anda dapat menggerakkan jari kaki dengan mudah. Hindari sepatu berujung lancip atau berhak tinggi. Mengubah sepatu dengan hak berbeda setiap harinya dapat membuat kaki Anda istirahat.
  • Beli sepatu baru diakhir hari dimana kaki Anda dalam keadaan terbesar. Jangan beli sepatu yang terlalu ketat dan berharap ini akan longgar.
  • Untuk olahraga, pilih sepatu olahraga yang nyaman dan cocok dengan kaki Anda ( lihat tips praktis )
  • Gunakan sepatu olah raga ke dan dari kantor jika menggunakan sepatu resmi di kantor.
  • Untuk sokongan ekstra dan keempukan, lapisan sepatu dapat memantu. Lapisan sepatu khusus olah raga tersedia di toko olah raga.
  • Jika tungkai Anda terasa nyeri, gunakan penghilang nyeri seperlunya.
  • Rendam kaki yang nyeri, tapi jangan terlalu lama agar tidak kering, sesudahnya bubuhkan pelembab.
  • Jika nyeri berkaitan dengan aktivitas olah raga, kurangi atau hentikan hingga nyerinya hilang.

 

Tips Praktis Memilih Sepatu Olahraga

Sepatu olahraga sebaiknya nyaman dikenakan dari awal. Jika Anda melakukan olah raga teratur, pilih sepatu yang sesuai dengan aktivitas; sebagai contoh jika Anda suka lari dipermukaan keras Anda butuh sepatu yang menyokong langkah dan melapisi tumit Anda. Saat Anda beli sepatu baru, ambil langkah berikut :
  • Coba sepatu dengan kaos kaki
  • Periksa apakah sepatu “ memegang “ tumit dan ada ruang untuk menggoyangkan jari kaki Anda. Ikatkan kembali sehingga memberi tekanan yang seimbang di bagian atas kaki.
  • Berjalan atau larilah beberapa langkah untuk memutuskan apakah sepatu cocok buat Anda.
Demikianlah beberapa saran dan tips yang dapat Anda lakukan jika rentan menderita nyeri pada kedua tungkai Anda. Lihat Juga Tips dan Teknik Praktis Mengatasi Kram Tungkai
BASRI.D.S.Kep Kami miliki visi back to nature, dengan menggali potensi herbal melalui pendekatan biological based practice untuk membantu penyembuhan penyakit dan meningkatkan status kesehatan agar hidup lebih berkualitas. Semua konten yang dipublish di blog ini bersifat edukatif, bukan sebagai standar/panduan pengobatan, tetap berkonsultasi ke dokter atau ahli herbal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel