Tips dan Teknik Praktis Mengobati Kram Tungkai

Tips dan Teknik Praktis Mengobati Kram Tungkai
Tips dan Teknik Praktis Mengobati Kram Tungkai Kram adalah kondisi kejang ( spasme ) yang nyeri, biasanya keadaan ini sering terjadi di daerah betis atau otot kaki. Nyeri biasanya terjadi selama beberapa menit. Anda dapat mengalami kram selama olahraga atau pekerjaan berat, atau saat kekurangan garam dan mineral. Perenang mengalami kram jika kedinginan dan kecapaian.

Meskipun kram biasanya dapat hilang dengan sendirinya, namun langkah ini setidaknya akan membantu mengurangi ketidaknyamanan akibat kram yang terjadi pada anggota gerak Anda.
  • Jika Anda kram saat melakukan olahraga, berhentilah. Perlahan pijat ototnya. Jika kejangnya di betis, regangkan kaki. Tarik jari ke arah lutut Anda. Tahan hingga ototnya rileks.
  • Jika kram terjadi saat Anda di tempat tidur, bangun dan gerakkan kaki atau berjalan. Jika nyeri, coba regangkan otot seperti diatas.
  • Jika kram akibat berenang, berendam atau mandi pancuran air hangat, bungkus otot dengan handuk hangat. Pakai baju hangat atau tutupi kaki dengan selimut sesudahnya. Untuk kram akibat kelelahan, bungkus sekantung es dengan handuk basah dan tempelkan di otot selama 10 menit.

 

Pencegahan Kram

Lakukan langkah-langkah berikut ini bila Anda sering mengalami kram, dan tips ini akan membantu Anda mencegah kram. 
  • Minum 8 gelas air dalam sehari. Minum 1-2 gelas 2 jam sebelum melakukan olahraga, 1 gelas setiap 15-20 menit saat olahraga; dan banyak minum cairan sesudahnya.
  • Laukan pemanasan sebelum olahraga, hentikan jika Anda perlu istirahat.
  • Lakukan peregangan betis untuk sembuhkan dan mencegah kram ( lihat teknik prakis pergangan betis ).
  • Makan makanan yang banyak mengandung kalium, megnesium dan kalsium, seperti alpukat, dan pisang, jeruk,susu, sayuran berwarna gelap, dan kacang.
  • Mero*kok berkontribusi pada resiko kram.

 

Teknik Praktis Peragangan Betis Untuk Mencegah Kram Tungkai

Teknik ini dilakukan sebelum dan sesudah menggunakan otot kaki dalam waktu lama dan sebelum tidur jika rentan dengan kram saat malam hari.
  • Berdiri sekitar jangkauan lengan dari dinding dengan satu kaki di depan yang lainnya dan tangan Anda menekan dinding setinggi bahu.
  • Pertahankan kaki datar di lantai, condongkan ke depan, tekuk lutut depan dan telapak kaki ke lantai. Anda akan merasa otot betis di kaki belakang tertarik. Ulangi latihan ini dengan kaki lainnya.
Semoga artikel Tips dan Teknik Praktis Mengobati Kram Tungkai dapat membantu Anda yang kerapkali mengalami kram, dan jika kram Anda tidak berkurang dengan tips dan teknik tersebut, atau bahkan bertambah parah, sebaiknya perlu berkonsultasi dengan dokter Anda.
BASRI.D.S.Kep Kami miliki visi back to nature, dengan menggali potensi herbal melalui pendekatan biological based practice untuk membantu penyembuhan penyakit dan meningkatkan status kesehatan agar hidup lebih berkualitas. Semua konten yang dipublish di blog ini bersifat edukatif, bukan sebagai standar/panduan pengobatan, tetap berkonsultasi ke dokter atau ahli herbal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel