Mengenal Carpal Tunnel Syndrome Pada Wanita Hamil

Pada pangkal telapak tangan terdapat daerah yang sempit ( terowongan sempit ), disini tendo dari lengan bawah dan juga saraf medianus  berjalan masuk ke arah tangan.

Mengenal Carpal Tunnel Syndrome Pada Wanita Hamil

Carpal Tunnel Syndrome


Menekan Saraf

Bila terjadi retensi cairan selama hamil, akan terjadi pengurangan ruang dalam terowongan carpal ( carpal tunnel ), dan bisa menekan saraf.Akibatnya terjadi rasa kesemutan dan baal pada ibu jari dan jari telunjuk, jari tengah dan jari manis.

Nyeri dan rasa tidak enak bisa memburuk pada malam hari ketika tangan rileks setelah tertekan sepanjang hari.

Sindrom terowongan karpal disebabkan oleh retensi cairan selama hamil.Menyempitkan ruang dalam terowongan telapak tangan akan menekan saraf medianus, menyebabkan rasa kesemutan.

Beberapa penanganan yang dilakukan pada sindrom terowongan karpal sebagai berikut

Memasang Splinter

Seorang fisioterapis akan menilai penyakit dan akan memasang splint untuk menjaga tangan dalam posisi netral.Ini merupakan posisi yang memaksimalkan jumlah ruang yang dilalui kembali mengalir melalui saraf yang melewati terowongan.

Mengurangi Nyeri

Membiarkan tangan menggantungke bawah dan ke samping untuk waktu lama akan mendorong cairan kembali mengalir dan sebaiknya cepat diatasi.

Bila rasa kesemutan pada malam hari menimbulkan masalah, duduk dengan bangku bertangan, dengan tangan dalam keadaan istirahat sebelum pergi tidur akan mengurangi pembengkakan sehingga rasa kesemutan menghilang sebelum tidur.Keadaan ini sering kali hilang setelah melahirkan.
BASRI.D.S.Kep Kami miliki visi back to nature, dengan menggali potensi herbal melalui pendekatan biological based practice untuk membantu penyembuhan penyakit dan meningkatkan status kesehatan agar hidup lebih berkualitas. Semua konten yang dipublish di blog ini bersifat edukatif, bukan sebagai standar/panduan pengobatan, tetap berkonsultasi ke dokter atau ahli herbal.

0 Response to "Mengenal Carpal Tunnel Syndrome Pada Wanita Hamil"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel