Fisiologi Kehamilan Trimester Pertama

Wanita menjalani banyak perubahan fisik pada selurauh kehamilan trimester pertama (tiga bulan pertama).Sebelum bayi lahir, kedua calon orang tua membutuhkan banyak penyesuaian kehidupannya.
Bila dihitung dari hari pertama wanita mendapat menstruasi rata-rata kehamilan berakhir paling lama 40 minggu.

Kehamilan di bagi menjadi tiga semester; yang menandakan kejadian utama kehamilan.

  • Trimester pertama mencakup periode dari 0 sampai 12 minggu.
  • Trimester kedua mencakup periode 13 sampai 28 minggu.
  • Trimester ketiga mencakup periode 29 sampai 40 minggu.

Perubahan Fisik Trimester Pertama

Selama trimester pertama, badan seorang wanita hamil bekerja keras untuk menyesuaikan diri dengan kehamilannya.Tidak terjadinya menstruasi merupakan tanda pertama kehamilan, meskipun beberapa wanita mempunyai perdarahan ‘pemecahan terobosan’.Sebagai tambahan, payudara wanita mulai terasa nyeri dan menjadi lebih besar dan lebih berat sebab saluran susu baru berkembang untuk persiapan menyusui.
Rasa mual seringkali menyertai kehamilan beberapa bulan pertama akibat proses pencernaan yang lambat pada wanita hamil.Ini menyebabkan makanan dicerna dalam lambung lebih lama dari biasanya, sehingga menimbulkan mual.

Pada beberapa minggu pertama kehamilan, wanita bisa merasa lebih cepat mengalami kelelahan.Sebagai tambahan, banyak wanita menunjukkan fenomena yang aneh : perubahan rasa kecap dimulutnya.Perubahan ini disebabkan oleh meningkatnya kadar hormon.Keadaan ini menyebabkan beberapa wanita tidak menyukai makanan dan minuman yang biasa ia suka.Sebagai contoh adalah makanan mendadak ada rasa tidak suka kopi.Wanita juga mendadak mengidam makanan yang tidak biasanya ia makan.

Berbagai Macam Reaksi pada Kehamilan

Banyak pasangan mengalami emosi campur aduk pada waktu wanita mulai diketahui hamil.Mereka mungkin sangat senang, disamping itu mempunyai rasa ragu apakah mereka sudah siap untuk bertanggung jawab sebagai orangtua.

Selama kehamilan trimester pertama seringkali mulai ada proses adaptasi sebagai calon orangtua.Mereka harus belajar kompromi dalam kebebasan pribadi dan untuk memperluas hubungan interpersonal mereka termasuk kebutuhan pihak ketiga, dimana pada waktu itu bisa membuat baik ibu dan ayah merasa iri hati dan disisihkan.

Banyak wanita menikmati rasa nyaman dengan bayi yang tumbuh bersamanya.Untuk hal yang tak biasa kadang-kadang wanita merasa sangat gembira dan bergairah, tetapi dilain waktu merasa sangat rendah diri atau tidak yakin.Selama kehamilan sering kali perubahan hormon bertanggung jawab terhadap perubahan mood yang berfluktuasi ini.

Ketakutan Wanita

Selama trimester pertama, beberapa wanita selalu memperhatikan badannya yang berubah dan kehilangan kontrol.Yang lain merasa terganggu oleh perubahan tampilan badannya dan merasa khawatir bahwa pasangannya akan tidak lagi peduli padanya.Rasa takut sering kali dipicu oleh cerita wanita yang lebih tua yang telah mengalami sedikit kenyataan tersebut.

Banyak wanita menutupi kehamilannya selama tiga bulan pertama.Ini mungkin disebabkan kehamilan tidak direncanakan, atau karena mereka tidak menginginkan keluarga, teman kerja tahu tentang keadaan ini, atau mereka mungkin khawatir tentang kemungkinan keguguran.

Pada permulaan kehamilan wanita harus melakukan pekerjaan sehari-hari secara normal, tetapi harus mengurangi pekerjaan bila merasa lelah dan mual.Wanita hamil yang telah mempunyai anak mungkin sukar sekali untuk memperhatikan anak-anaknya selama kehamilan trimester pertama.

Keguguran

Hampir semua keguguran terjadi pada 12 minggu pertama kehamilan.Keguguran bagi pasangan bisa merupakan pengalaman sangat menyedihkan akibat kehilangan bayinya.

Kehamilan Tanpa Rencana

Kehamilan yang tidak direncanakan merupakan kejadian yang biasa.Di Inggris, hampir satu dari tiga kehamilan dan satu dari tiga wanita melakukan aborsi selama kehidupannya.

Kehamilan tanpa rencana akan menimbulkan masalah yang harus dipecahkan secepatnya.Sekalipun pasangan mengetahui bahwa rencana ini menimbulkan rasa bersalah dan konsekuensinya menggelisahkan.Abortus masih merupakan masalah tabu, sehingga pasangan harus memutuskan dengan perasaan yang sulit dalam suasana serna rahasia atau menghadapi celaan.

Seorang wanita yang telah melakukan abortus berduka akibat kehilangan kesempatan menjadi ibu serta mempunyai anak.Ia juga bisa mempunyai fantasi seperti apa tampang anaknya.Namun untuk banyak pasangan, kehamilan tanpa rencana bisa berbalik menjadi kemujuran, meringankan mereka tentang beban membuat keputusan kapan memulai sebuah keluarga.

Pengaruh Ayah

Hampir semua pasangan pria seringkali lupa pada trimester pertama.calon ayah harus melakukan penyesuaian terhadap pikiran untuk menjadi orangtua.Beberapa bisa sangat khawatir tentang keuangan mereka supaya tidak kurang untuk mendukung pertumbuhan keluarga.Yang lain acuh saja terhadap situasi itu karena mereka merasa tidak ada yang bisa mereka bantu.
Beberapa pria bisa merasakan perubahan fisik, termasuk mual, rasa panas di ulu hati, letih, sakit pinggang, dan berat badan bertambah.Ini diduga sebagai akibat dari konflik emosional menjelang menjadi ayah.
Bukan saja orangtua yang harus menyesuaikan diri trhadap kehamilan.Kakek yang mempunyai terlampau banyak waktu juga menyesuaikan diri terhadap realita bahwa mereka memasuki satu fase baru dalam kehidupannya.
BASRI.D.S.Kep Kami miliki visi back to nature, dengan menggali potensi herbal melalui pendekatan biological based practice untuk membantu penyembuhan penyakit dan meningkatkan status kesehatan agar hidup lebih berkualitas. Semua konten yang dipublish di blog ini bersifat edukatif, bukan sebagai standar/panduan pengobatan, tetap berkonsultasi ke dokter atau ahli herbal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel