Tips Mengatasi Ikterus Pada bayi

Healthynesia – Bayi kuning ( ikterus ) dapat disebabkan oleh dua hal yaitu karena patologis ( penyakit ) atau karena fisiologis.Kuning yang perlu Anda waspadai adalah kuning karena patologis.Secara normal, sel darah merah di dalam tubuh akan dipecah dan diubah menjadi bilirubin oleh hati.Pemecahan ini bertujuan agar bisa dikeluarkan secara mudah dalam bentuk tinja dan urin.Akan tetapi, karena organ hati pada bayi yang baru lahir belum berfungsi secara sempurna, pembuangan bilirubin menjadi lambat.Hal ini menyebabkan penimbunan bilirubin dalam tubuh sehingga bagian wajah dan kulit bayi berwarna kuning.


Akan tetapi, satu hal yang perlu Anda tahu bahwa bayi yang baru lahir dan hanya minum ASI biasanya akan terlihat kuning pada minggu pertama dan kedua setelah dilahirkan.hal ini merupakan gejala fisiologis biasa dan tidak berbahaya.

Untuk mendeteksi bayi menderita ikterus karena penyakit atau karena fisiologis, biasanya cukup dengan melihat bagian putih pada matanya saat menyusu.Apabila mata bayi berwarna kuning berarti bayi mengalami kuning patologis.

Bagaimana cara mengatasi Ikterus pada bayi ?

Apabila bayi kuning bersifat patologis, sebaiknya segera dibawa ke dokter. Apabila terlambat menyebabkan bilirubin tertimbun di dasar otak .Kondisi seperti ini dapat menyebabkan kematian.Selain itu, bilirubin menyebabkan penyumbatan hati yang dapat menyebabkan sirosis ( kerusakan hati ).Apabila hal ini terjadi perlu dilakukan pembedahan.

Jika keadaan bilirubinnya masih ringan, cukup dijaga agar cairan tubuh tidak Berkurang, yaitu dengan cara memberikan ASI setiap dua jam sekali.

Dapat juga menggunakan terapi sinar Biru ( blue light therapy ).Bisa juga diganti dengan cara dijemur secara langsung di bawah sinar matahari pagi.
BASRI.D.S.Kep Kami miliki visi back to nature, dengan menggali potensi herbal melalui pendekatan biological based practice untuk membantu penyembuhan penyakit dan meningkatkan status kesehatan agar hidup lebih berkualitas. Semua konten yang dipublish di blog ini bersifat edukatif, bukan sebagai standar/panduan pengobatan, tetap berkonsultasi ke dokter atau ahli herbal.

0 Response to "Tips Mengatasi Ikterus Pada bayi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel