Cara Menangani Kerak di Kepala Bayi

Healthynesia – Kerak kepala merupakan peradangan, terutama di daerah kulit yang kaya kelenjar minyak atau kelenjar lemak kulit.Kerak ini muncul karena minyak yang ada di rambut belum berfungsi dengan baik.Biasanya kerak akan mengelupas setelah terlepas dari kulit ari.


Akan tetapi karena kulit kepala bayi sering kontak dengan debu dan kotoran lain maka debu dan kotoran tersebut akan melekat di kulit kepala yang berminyak.Hal ini menyebabkan timbulnya sisik-sisik halus.Apabila sisik-sisik ini dibiarkan akan menebal dan membentuk kerak ( dermatitis seboroik ringan ).

Beberapa Tips menangani Kerak kepala pada bayi yang perlu Anda ketahui antara lain :

  • Pada kerak kepala ringan, oleskan minyak kelapa atau baby oil di bagian kulit yang bersisik.Pijat daerah tersebut secara perlahan dan lembut.Tindakan ini bertujuan untuk melembutkan kerak sehingga mudah dibersihkan.
  • Sisirlah rambut bayi menggunakan sisir khusus bayi secara perlahan dan hati-hati agar kerak yang sudah lembut mengelupas.Apabila tidak ada sisir dapat menggunakan jari-jemari yang sudah memakai sarung tangan yang terbuat dari bahan lembut atau plastik elastis yang halus.Selain itu, juga dapat menggunakan kapas yang sudah di sterilkan.
  • Setelah itu, cuci rambut bayi menggunakan shampo khusus bayi.Gosok secara lembut sampai berbusa lalu basahi hingga bersih.Ingat, jangan menggunakan air hangat karena akan menyebabkan kulit kepala semakin lembab.Kulit kepala yang lembab dapat memicu peradangan kelenjar minyak.
  • Apabila usaha penanganan diatas tidak membersihkan hasil, kulit kepala bayi perlu diberi obat-obatan yang sifatny menekan produksi kelenjar minyak.Apalagi bila puncak kepala berwarna merah dan mengeluarkan cairan kuning agak berminyk, keadaan ini akan sulit diatasi menggunakan obat tradisional.Oleh karena itu segera bawa anak ke dokter atau puskesmas untuk mendapatkan penanganan secara profesional.
  • Tips Mencegah Kerak Kepala pada Bayii hingga pendek atau digundul saja untuk mencegah timbulnya peradangan kelenjar minyak.
  • Jangan memberi bedak atau talk di kepala , karena akan membuat kerak semakin tebal.
  • Jangan pula bayi dikenakan topi, kecuali jika sangat diperlukan.hal ini bertujuan agar kepalanya tidak lembab.
  • Selain itu, sebaiknya kamar bayi senantiasa bersuhu sejuk agar keringat bayi tidak berlebihan.
Sponsored By : Alexa
Supported By : Google
BASRI.D.S.Kep Kami miliki visi back to nature, dengan menggali potensi herbal melalui pendekatan biological based practice untuk membantu penyembuhan penyakit dan meningkatkan status kesehatan agar hidup lebih berkualitas. Semua konten yang dipublish di blog ini bersifat edukatif, bukan sebagai standar/panduan pengobatan, tetap berkonsultasi ke dokter atau ahli herbal.

0 Response to "Cara Menangani Kerak di Kepala Bayi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel