9 Cara Mengatasi Rambut Bercabang Secara Aman dan Sehat

- Wednesday, August 02, 2017
9 Cara Mengatasi Rambut Bercabang Secara Aman dan Sehat
Rambut merupakan penunjang penampilan yang sangat penting, terutama untuk kaum wanita. Salah satu langkah mempercantik penampilan adalah dengan merawat keindahan rambut. Masalahnya, banyak kondisi rambut yang mengganggu penampilan. Salah satunya adalah rambut yang bercabang. Perawatan di salon tentunya menguras dompet. Untuk itu, ketahuilah cara megatasi rambut bercabang secara alami dan mudah.

Tips Jitu Mengenai Cara Mengatasi Rambut Bercabang Secara Alami

Ada banyak faktor penyebab rambut bercabang. Diantaranya adalah kekurangan nutrisi,  catok/smoothing, paparan sinar matahari dan efek bahan kimia berlebih. Rambut bercabang lebih umum terjadi pada wanita daripada pria. Selain itu, rambut panjang beresiko lebih tinggi bercabang dibandingkan rambut pendek. Tidak perlu khawatir akan kondisi rambut bercabang Anda sebab dengan mengikuti tips-tips mengenai cara mengatasi rambut bercabang secara alami di artikel ini, rambut Anda akan lebih sehat dan terawat, sehingga rambut bercabang atau pecah-pecah akan berkurang. Berikut adalah tips perawatan untuk rambut bercabang Anda. baca juga : 7 Cara Merawat Rambut Secara Alami yang Mudah Dilakukan di Rumah

1. Potong ujung-ujung rambut
Perhatikan ujung-ujung rambut Anda dengan seksama. Jika menemukan ujung rambut yang bercabang, potonglah bagian bercabang tersebut. Sebaiknya, proses memotong rambut dilakukan 6 bulan sekali. Namun jika rambut bercabang cukup parah, Anda harus melakukannya lebih sering, yaitu 2 bulan sekali. Jika Anda cukup percaya diri dengan rambut pendek, Anda boleh memotong rambut panjang Anda menjadi lebih pendek untuk mempermudah proses perawatan.
2. Gunakan campuran minyak zaitun, minyak jarak, dan almond
Cara mengatasi rambut bercabang secara alami berikutnya adalah dengan menggunakan minyak zaitun untuk merawat rambut yang kering dan pecah-pecah. Minyak zaitun kaya akan nutrisi dan pelembab untuk melembutkan rambut. Caranya dengan mencampur 1 sendok minyak zaitun dengan beberapa tetes minyak jarak dan minyak almond. Kemudian, oleskan campuran minyak tersebut ke kulit kepala hingga ujung rambut secara merata. Tutupi kepala dengan handuk selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, keramaslah menggunakan sampo khusus untuk rambut kering dan bercabang.

3. Perawatan dengan Lemon, madu, dan yoghurt
Campuran ketiga bahan ini efektif untuk menutrisi dan melembabkan rambut sehingga mencegahnya kering dan bercabang. Campurkan 1 sendok makan madu dan yogurt serta perasan 1 buah lemon. Setelah tercampur, oleskan bahan ini pada kulit kepala secara merata dan diamkan selama 10-15 menit. Lalu keramaslah dengan air hangat. Perawatan ini sebaiknya dilakukan 2 kali seminggu.
Artikel lainnya : 7 Cara Melembutkan Rambut Ini Paling Aman dan Tahan Lama
4. Menutrisi rambut dengan pepaya
Pepaya kaya akan enzim dan protein yang juga berguna untuk menutrisi dan menjaga kesehatan serta kelembutan rambut. Oleh karena itu, memanfaatkan pepaya merupakan salah satu cara mengatasi rambut bercabang secara alami.  Haluskan seiris buah pepaya dan campurkan dengan 1 sendok makan yogurt. Oleskan campuran ini di kulit kepala hingga ujung rambut. Diamkan selama 10 menit lalu keramas dengan sampo khusus untuk rambut kering dan bercabang.

5. Gunakan campuran kuning telur dan minyak zaitun
Kuning telur dan minyak zaitun merupakan bahan-bahan yang kaya akan nutrisi untuk perawatan rambut dan kulit kepala. Campurkan kuning telur yang sudah dikocok dengan 1 sendok makan minyak zaitun. Oleskan campuran ini pada kulit kepala dan seluruh rambut. Diamkan sekitar 30 menit agar nutrisi terserap ke kulit kepala. Setelah itu, keramaslah menggunakan sampo dan air hangat hingga bersih.

6. Masker putih telur dan alpukat
Cara mengatasi rambut bercabang secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan masker rambut buatan sendiri, yaitu masker putih telur dan alpukat. Campur 1 putih telur dan 1 buah alpukat matang ke dalam blender kemudian blender  hingga halus dan merata. Oleskan ramuan masker rambut alami ini pada seluruh kulit kepala hingga ujung rambut. Diamkan selama beberapa menit hingga mengering kemudian keramaslah hingga bersih.

7. Cuka sari apel
Bahan yang sering dijadikan tambahan untuk makanan atau minuman diet ini ternyata juga ampuh untuk mengatasi rambut kering bahkan bercabang. Anda hanya perlu mencampur ½ cangkir cuka sari apel dengan 1 sendok makan minyak gandum dan tambahkan air secukupnya. Sebelum menggunakan campuran ini pada rambut, basahi terlebih dahulu rambut Anda. Kemudian oleskan secara merata dari ke seluruh rambut hingga ujungnya tanpa mengenai kulit kepala. Diamkan 10 menit dan bilas dengan air hangat tanpa menggunakan sampo.

8. Perawatan dengan lidah buaya
Khasiat lidah buaya untuk rambut tidak diragukan lagi. Tanaman yang satu ini juga menjadi solusi  untuk memperbaiki kondisi rambut yang kering dan bercabang. Oleskan saja lidah buaya yang telah dikupas kulitnya ke seluruh permukaan rambut hingga ke ujungnya. Diamkan hingga 20 menit. Setelah itu, keramaslah menggunakan sampo dan air hangat.

9. Perawatan dari dalam
Selain perawatan dengan bahan-bahan yang disebutkan sebelumnya, cara mengatasi rambut bercabang secara alami  lainnya adalah dengan melakukan perawatan dari dalam. Perawatan dari dalam juga sangat penting untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut. Salah satu penyebab rambut yang kering, pecah-pecah dan bercabang adalah kekurangan nutrisi, baik dari dalam maupun dari luar. Menutrisi rambut dengan berbagai perawatan tidak akan maksimal hasilnya jika Anda tidak menjaga asupan. Untuk memperbaiki kondisi rambut, Anda perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung  biotin dan folic acid. Biotin membantu memperkuat rambut. Makanan yang mengandung biotin diantaranya nasi merah dan kacang-kacangan. Sedangkan folid acid berguna untuk menambah jumlah sel darah merah agar rambut tumbuh sehat dari akar hingga ke ujung. Makanan yang mengandung folid acid diantaranya gandum, sayuran hijau, dan jeruk.

Jika Anda rutin melakukan perawatan seperti yang disebutkan di atas, kondisi rambut Anda berangsur-angsur akan membaik. Selain cara  mengatasi rambut bercabang secara alami, ada beberapa tips untuk mencegah rambut bercabang atau mencegahnya menjadi lebih parah, diantaranya:

1. Menghindari bahan kimia berlebihan
Bahan kimia yang biasa dipakai untuk rambut diantaranya sampo, pelembab atau conditioner, pewarna, obat smoothing, hair tonic dan sebagainya. Kita tidak mungkin menghindari memakai sampo. Oleh karena itu, hindari bahan kimia yang berbahaya untuk rambut seperti pewarna dan obat smoothing. Untuk hair tonic dan conditioner, Anda bisa menggantinya dengan bahan alami seperti yang disebutkan tadi.

2. Jangan melakukan smoothing, curl, ataupun rebonding
Bahan kimia yang digunakan dalam proses ini tentu saja berbahaya. Terlebih lagi rambut Anda harus menerima panas dari alat smoothing atau pengeriting. Proses ini benar-benar  berbahaya dan merusak rambut Anda. Bahkan, rambut yang sehat  bisa menjadi sangat kering dan pecah-pecah.

3. Minum air putih
Minumlah air putih minimal 8 gelas sehari untuk menghidrasi tubuh Anda. Kecukupan air akan membantu mencegah rambut kering dan bercabang.

Tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk melakukan perawatan rambut di salon. Cukup dengan mempraktekkan cara mengatasi rambut bercabang secara alami, Anda bisa mendapatkan rambut sehat seperti yang Anda impikan tanpa efek samping apapun.