7 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Aman dan Sehat

- Saturday, August 05, 2017
7 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Aman dan Sehat
7 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Aman dan Sehat - Ada banyak cara mengatasi rambut rontok, seperti menggunakan produk sampo tertentu hingga melakukan treatment khusus dengan dokter ahli. Namun, sebelum membahasnya lebih lanjut, mari terlebih dahulu memahami apa yang dimaksud dengan rambut rontok. Di dalam istilah kedokteran, rambut rontok lebih dikenal dengan sebutan alopesia. Alopesia dapat terjadi pada pria maupun wanita, umumnya terjadi ketika memasuki usia sekitar 30-40 tahun. Namun, pria dan wanita di usia yang lebih muda juga memiliki kemungkinan bermasalah dengan rambut rontok. Penyebabnya beragam, seperti terlalu sering keramas, mengikat rambut terlalu kencang, membilas rambut dengan air panas, hingga penggunaan bahan-bahan kimia. Selain itu, beberapa faktor internal seperti stress, perubahan hormon, kurangnya asupan protein hingga kondisi medis tertentu juga dapat menyebabkan rambut rontok. Jika masalah rambut rontok telah menyerang, tentu akan mengganggu penampilan secara keseluruhan.

Cara instan sepeti menggunakan obat-obatan kimia tentu akan mempercepat proses pemulihan rambut agar tidak rontok kembali. Namun cara ini tentu akan beresiko dalam beberapa tahun ke depan dan membuat kondisi rambut semakin tidak sehat. Untuk itu, simak cara mengatasi rambut rontok secara alami berikut ini.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami Tanpa Obat-obatan Kimia

Ada banyak bahan tradisional rumahan yang dapat dimanfaatkan sebagai cara mengatasi rambut rontok. Selain memberikan manfaat dalam pemulihan rambut agar menjadi sehat kembali, bahan-bahan ini juga tidak memiliki efek samping apapun. Satu hal yang perlu diperhatikan. Karena menggunakan bahan-bahan alami, maka pemulihan rambut akan membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama daripada cara instan dengan bahan-bahan kimia berbahaya. Namun, kesabaran akan selalu membuahkan hasil. Oleh karena itu, cara alami berikut perlu diperhatikan agar dapat memberikan hasil maksimal.

Artikel berkaitan :7 Cara Merawat Rambut Secara Alami yang Mudah Dilakukan di Rumah

1. Bawang Merah
Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui bahwa bawang merah mampu membantu mengatasi masalah rambut rontok. Sebagai tambahan informasi, rambut rontok terjadi karena akar rambut yang bereaksi berlebihan terhadap hormon dihidrotestosteron (DHT). DHT dalam jumlah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan rambut menjadi tipis sehingga dapat mudah rontok. Di sinilah bawang merah memegang peranan penting. Bawang merah dapat membantu menutrisi rambut agar tidak mudah menjadi tipis dan kemudian rontok.

baca juga: Cara Menumbuhkan Rambut Botak Dengan 7 Bahan Alami Berkhasiat
Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu dengan menghaluskan beberapa butir bawang merah dan dicampurkan dengan madu alami. Setelah kedua bahan ini tercampur rata, maka langkah selanjutnya adalah mengoleskan campuran ini di atas kulit kepala. Diamkan selama beberapa menit, kemudian keramaslah dengan air hangat agar aroma bawang merah segera hilang. Lakukan kegiatan ini rutin satu kali sehari untuk mendapatkan hasil maksimal.

2. Lidah buaya
Lidah buaya telah dikenal luas memiliki banyak manfaat untuk kecantikan, salah satunya adalah dalam mengatasi rambut rontok. Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat di dalamnya mampu menutrisi kulit kepala yang rapuh serta menumbuhkan kembali area rambut yang mulai botak karena masalah kerontokan.

Cara mengatasi rambut rontok dengan lidah buaya juga sangat mudah. Pertama-tama, siapkan beberapa helai daun lidah buaya segar kemudian potonglah menjadi dua bagian untuk diambil gelnya. Oleskan gel lidah buaya di kulit kepala yang bermasalah dengan rambut rontok. Diamkan selama kurang lebih 30 menit sebelum dibasuh dengan air bersih. Lakukanlah paling tidak satu kali sehari untuk hasil yang maksimal.

3. Alpukat
Selain memiliki khasiat untuk menghaluskan kulit, alpukat juga dapat dimanfaatkan sebagai solusi alami untuk rambut rontok. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menjadikan buah alpukat sebagai masker rambut. Alpukat terlebih dahulu harus dihaluskan kemudian dioleskan ke seluruh bagian rambut sambil dipijat-pijat. Setelah itu, diamkan selama 15-20 menit sebelum dibasuh dengan air bersih.

4. Santan
Santan telah lama dimanfaatkan sebagai bahan utama untuk produk-produk kecantikan, terutama untuk menghaluskan wajah dan menghilangkan komedo. Namun, siapa sangka santan juga memiliki khasiat dalam mengatasi kerontokan rambut. Hal ini dikarenakan santan memiliki kandungan protein, zat besi, kalsium, serta vitamin yang dipercaya mampu menutrisi rambut agar tidak rontok kembali.

Menggunakan santan sebagai cara mengatasi rambut rontok tidaklah sulit. Cukup dengan menyiapkan parutan kelapa untuk diperas menjadi santan sebanyak kurang lebih satu gelas belimbing. Pertama-tama, pastikan rambut dalam keadaan bersih sebelum dibasuh air santan. Untuk itu, disarankan untuk keramas terlebih dahulu. Setelah itu, siram rambut dengan air santan yang telah disiapkan tadi. Lakukan pijatan kecil di atas kulit kepala. Kemudian diamkan selama satu jam dan bilas dengan air dingin. Untuk hasil maksimal, lakukan kegiatan ini minimal dua kali dalam sehari.

5. Minyak kemiri
Minyak kemiri telah dipercaya mampu menumbuhkan rambut secara alami. Kandungan mineral alaminya yang lengkap seperti kalsium, zat besi, kalium, dan sebagainya merupakan alasan utama mengapa kemiri termasuk satu dari beberapa bumbu dapur yang berkhasiat dalam cara mengatasi rambut rontok.

Caranya cukup sederhana, yaitu dengan mengoleskan beberapa tetes minyak kemiri di atas kulit kepala. Lakukan pijatan kecil ketika meneteskannya. Setelah itu, diamkan selama satu hingga dua jam agar minyak kemiri dapat teresap sempurna di kulit kepala. Kemudian bilas dengan air dingin. Minyak kemiri ini bisa didapatkan dengan membelinya langsung dari toko atau dibuat sendiri. Jika ingin membuatnya sendiri, dapat dilakukan dengan menggoreng beberapa biji kemiri tanpa minyak atau disangrai. Lalu haluskan untuk diambil minyaknya.

6. Daun seledri dan teh hijau
Daun seledri secara alami memiliki kandungan vitamin A, vitamin B, serta zat besi yang dipercaya mampu menguatkan akar rambut agar terbebas dari masalah kerontokan. Sementara itu, teh hijau mengandung senyawa antioksidan yang tinggi sehingga mampu membantu melancarkan sirkulasi udara di kulit kepala. Jika kedua bahan ini digabungkan, maka masalah rambut rontok akan terselesaikan.

Terlebih dahulu siapkan handuk yang telah direndam air lemon. Gunakan handuk tersebut untuk menutup kepala selama kurun waktu 10 menit. Jika sudah, maka oleskan air seduhan daun seledri dan teh hijau pada kulit kepala sambil dipijat-pijat kecil agar meresap ke dalam rambut. Diamkan selama 30 menit. Setelah itu, basuh dengan air dingin.

7. Yogurt
Cara mengatasi rambut rontok secara alami selanjutnya adalah dengan yogurt. Sebagai produk olahan susu, yogurt mengandung serat alami, mineral, asam folat, serta zat prebiotik yang mampu memperbaiki sel-sel rambut yang rusak, menutrisi dari dalam, serta memperkuat akar rambut dan menumbuhkan kembali rambut yang telah rontok.

Cukup campurkan yogurt dengan madu alami. Oleskan campuran ini secara merata ke seluruh kulit kepala dengan memijat-mijat secara lembut. Biarkan selama satu hingga dua jam lalu bilas dengan air dingin hingga bersih. Lakukan selama 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
lihat juga: 7 Cara Melembutkan Rambut Ini Paling Aman dan Tahan Lama
Itulah beberapa bahan alami yang dapat dimanfaatkan sebagai cara mengatasi rambut rontok. Sebelum mengaplikasikan bahan-bahan tersebut, pastikan kulit kepala dalam keadaan bersih agar khasiat bahan-bahan tersebut dapat teresap sempurna di kulit kepala sehingga masalah rambut rontok dapat segera teratasi. Selamat mencoba.