Cara Menumbuhkan Rambut Botak Dengan 7 Bahan Alami Berkhasiat

Rambut merupakan mahkota yang sangat menunjang bagi penampilan seseorang. Tentunya jika terjadi beberapa masalah pada rambut seperti ketombe, rambut bercabang, rambut rontok yang berujung pada kebotakan, akan menjadi kekhawatiran tersendiri sehingga dapat mengurangi rasa percaya diri seseorang. Umumnya kebotakan hampir dialami oleh kaum pria. Tercatat menurut beberapa survei hampir 70% dialami oleh pria, dan 30% dialami oleh wanita. Bagi Anda yang mengalami masalah kebotakan rambut, Anda tidak perlu gusar. Berikut ini adalah beberapa cara menumbuhkan rambut botak dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang dapat digunakan dan tentunya mudah untuk Anda aplikasikan sendiri di rumah.

Cara Menumbuhkan Rambut Botak Secara Alami

Untuk mengatasi kebotakan rambut dengan cara memanfaatkan bahan-bahan alami, lebih aman daripada menggunakan beberapa obat-obatan. Meskipun hasilnya tidak se-instan seperti menggunakan obat-obatan kimia, menggunakan bahan-bahan alami untuk menumbuhkan rambut botak dinilai lebih aman karena tidak memiliki efek samping bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah cara menumbuhkan rambut botak secara alami dengan menggunakan beberapa bahan alami yang dapat dimanfaatkan dengan optimal. Baca juga : Cara Melembutkan Rambut Yang Awet dan Tahan Lama

1.    Buah kelapa
Pada kenyataannya buah kelapa tidak hanya mampu digunakan sebagai bahan pelengkap masakan saja. Kandungan asam folat, mineral, magnesium, kalsium, kalium dan vitamin E dapat dimanfaatkan untuk menumbuhkan rambut botak dan menjaga kesehatan kulit kepala.  Buah kelapa dapat dijadikan santan dan juga minyak kelapa. Kedua hasil olahan buah kelapa ini dapat Anda aplikasikan untuk mengatasi masalah kebotakan pada rambut. Untuk membuat minyak kelapa, anda cukup memasaknya dengan cara merebus hingga air pada santan berubah menjadi minyak kelapa.

Cara menumbuhkan rambut botak dengan mengaplikasikan baik santan ataupun minyak kepala untuk menumbuhkan rambut sangat mudah. Berikut ini adalah step-stepnya.

Santan
  • Siapkan 300 – 500ml santan segar.
  • Cuci rambut terlebih dahulu. Setelah bersih, usapkan santan pada kulit kepala hingga merata. Lalu diamkan selama 30 menit. Jangan lupa tutup kepala dengan menggunakan handuk hangat.
  • Setelah selesai, bilas dengan air hangat hingga bersih.
  • Lakukan secara teratur minimal 3 kali dalam seminggu.

Minyak kelapa
  • Buatlah minyak kelapa terlebih dahulu, dengan merebus 300 – 500ml santan segar hingga berubah menjadi minyak kelapa. Lalu tunggu dingin.
  • Oleskan minyak kelapa pada kulit kepala.
  • Diamkan 30 menit.
  • Setelah itu cuci rambut hingga bersih.
  • Untuk hasil yang maksimal gunakan minyak kelapa setiap 2 hari sekali.

2.    Kulit Apel
Siapa yang tidak mengenal buah apel. Selain dapat dikonsumsi buahnya, ternyata kulit apel juga dapat digunakan untuk menumbuhkan rambut botak lho. Didalam buah terdapat terdapat beberapa kandungan vitamin seperti vitamin A, B dan C. Selain itu didalam buah apel juga terdapat kandungan zat kalsium, magnesium, potasium, zat besi dan zinc. Kulit apel sendiri memiliki kandungan zinc yang tinggi, dimana zat tersebut berfungsi untuk menangkal radikal bebas karena memiliki antioksidan yang tinggi. Jika seseorang kekurangan zinc, maka dapat menyebabkan kerontokan rambut hingga berujung pada kebotakan.

Cara mengaplikasikan kulit apel untuk mengurangi kerontokan dan menumbuhkan rambut sangatlah mudah.



  • Siapkan kulit apel segar secukupnya.
  • Bersihkan terlebih dahulu.
  • Lumatkan kulit apel hingga halus.
  • Campurkan sedikit minyak zaitun (olive oil).
  • Oleskan secara merata pada kulit kepala, sembari sedikit melakukan pijatan agar campuran kulit apel dan olive oil dapat meresap sempurna kedalam kulit kepala.
  • Diamkan selam 1 jam.
  • Lalu bilas dengan air hangat. Setelah itu baru Anda dapat mencuci rambut hingga bersih.
  • Anda dapat melakukannya setiap 2 hari sekali secara rutin.

3.    Lidah Buaya
Sudah menjadi rahasia yang umum jika lidah buaya memiliki khasiat yang bagus bagi kesehatan kulit kepala dan rambut. Menurut beberapa ahli, lidah buaya memiliki beberapa kandungan zat yang dapat dimanfaatkan untuk menumbuhkan rambut botak secara alami. Kandungan zat tersebut yaitu asam amino, protein, mineral serta vitamin A, C, E. Enzim-enzim yang terkandung didalam gel lidah buaya, dapat merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan. Berikut ini adalah cara menumbuhkan rambut botak dengan memanfaatkan gel lidah buah.
  • Ambil batang lidah buaya (siapkan sesuai kebutuhan).
  • Belah lidah buaya, dan ambil bagian dagingnya saja.
  • Lumatkan daging hingga menjadi gel.
  • Setelah itu oleskan pada kulit kepala secara merata, sembari melakukan sedikit pijatan pada kulit kepala.
  • Diamkan selama 1 jam.
  • Setelah itu bilas dengan air hangat, lalu cuci rambut hingga bersih.
  • Untuk hasil maksimal gunakan setiap kali sebelum keramas.

4.    Kuning Telur
Telur memiliki kandungan protein yang sangat tinggi terutama bagian kuning telur. Kandungan tersebut dapat bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut secara alami. Protein dapat merangsang pertumbuhan keratin yang sangat diperlukan untuk menumbuhkan rambut.

Cara menumbuhkan rambut botak sangat mudah dengan memanfaatkan kuning telur. Pisahkan antara putih dan kuning telur terlebih dahulu. Lalu oleskan kuning telur pada kulit kepala secara merata sembari dipijat. Diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat hingga bersih. Lalu Anda dapat mencuci rambut seperti biasa. Pastikan Anda melakukan secara rutin minimal 3 hari sekali untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.


5.    Teh Hijau
Kegunaan teh hijau bagi kesehatan dan kecantikan tidak perlu diragukan lagi. Zat antioksidan yang tinggi pada teh hijau sangat bermanfaatkan untuk menumbuhkan rambut botak. Antioksidan dapat memperlancar sirkulasi darah ke bagian rambut. Hal inilah yang menyebabkan rambut akan cepat tumbuh sehingga dapat menjadi cara menumbuhkan rambut botak secara alami.

Cara mengaplikasikannya sangat mudah. Buatlah rendaman teh hijau pada malam hari sebelum tidur. Diamkan semalaman. Pada pagi hari saring teh. Gunakan endapan pada kulit kepala dengan mengusapnya hingga merata. Diamkan selama 20 menit. Setelah itu bilas menggunakan air bersih. Lakukan minimal 3 hari sekali secara berkala


6.    Kemiri dan Zaitun (Olive Oil)
Kemiri dan zaitun, merupakan salah satu tanaman yang dikenal karena minyak yang dihasilkan sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut. Perpaduan kedua zat minyak ini jika diaplikasikan pada kulit kepala dan membantu menumbuhkan rambut botak dan juga menjaga kesehatan kulit kepala.

Cara mengaplikasikannya sangat mudah. Sangrai biji kemiri. Lalu haluskan. Masukkan minyak zaitun. Lalu oleskan pada rambut sebelum keramas. Untuk hasil maksimal gunakan setiap hari pada pagi hari. Mudah bukan?

Bahan alami seperti yang sudah dijelaskan diatas sangat mudah kita jumpai dimanapun. Memang benar cara menumbuhkan rambut botak dengan mengoptimalkan bahan alami tergolong lebih lama. Namun, jika Anda melakukannya dengan rutin bukan menjadi hal yang tidak mungkin Anda akan mengetahui hasilnya dengan cepat, mengingat kondisi kulit kepala tiap orang sangatlah berbeda. Jadi Anda harus ekstra bersabar dan melakukan perawatan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Selain itu, untuk menunjang keberhasilan cara menumbuhkan rambut botak secara alami, sebaiknya diimbangi dengan melakukan perawatan rambut yang benar. Hindari untuk mencuci rambut setiap hari karena dapat memperparah kerontokan rambut. Pilihlah shampoo yang tepat, usahakan untuk memilih shampoo yang memiliki kandungan zinc yang tinggi. Semoga informasi diatas dapat membantu Anda untuk mengatasi kebotakan pada rambut. Baca Juga : 7 Tips Perawatan Rambut Agar Sehat dan Berkilau
BASRI.D.S.Kep Kami miliki visi back to nature, dengan menggali potensi herbal melalui pendekatan biological based practice untuk membantu penyembuhan penyakit dan meningkatkan status kesehatan agar hidup lebih berkualitas. Semua konten yang dipublish di blog ini bersifat edukatif, bukan sebagai standar/panduan pengobatan, tetap berkonsultasi ke dokter atau ahli herbal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel