Mengenal Penyakit Asam Lambung dan Cara Mengatasinya


Mengenal Penyakit Asam Lambung dan Cara Mengatasinya – Belum lama ini salah satu aktor kawakan Indonesia, Didi Petet meninggal dunia. Penyebab meninggalnya aktor senior ini dikarenakan menderita penyakit asam lambung. Penyakit lambung ini tidak sedikit yang menganggapnya sepele. Biasanya akan terasa nyeri pada bagian ulu hati atau semacam terasa terbakar di bagian dada, pernahkah mengalaminya? Biasanya saat mengalaminya akan mempengaruhi aktifitas yang dilakukan. Adakalanya jika sudah telanjur parah akan membuat penderitanya merasa mual bahkan muntah. baca juga: Bolehkah Minum Kopi Saat Puasa?

Mengapa asam lambung bisa meningkat? Hal ini disebabkan karena kadar lemak yang ada pada protein masuk dalam tubuh. Atau justru memiliki kebiasaan sering lupa waktu makan? Makan seadanya tanpa mempertimbangkan nilai nutrisinya? Perlu waspada karena kebiasaan tersebut juga bisa meningkatkan asam lambung. Termasuk kebiasaan buruk tidak bisa mengontrol untuk mengurangi makanan atau minuman manis, suka mengonsumsi minuman bersoda, kopi, cokelat atau daging berlemak juga bisa meningkatkan asam lambung.

Cara Alami untuk Mengatasinya

Ada beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mencegah atau mengurangi meningkatnya asam lambung, diantaranya :
  • Jahe. Rasa panas dan tajam pada tanaman herbal ini bisa membantu menyingkirkan racun dalam tubuh dan asam lambung. Coba saja dengan menggiling atau memarutnya kemudian dicampur dengan sekitar satu sendok gula lalu dikonsumsi.
  • Sayuran hijau. Sayuran hijau seperti slada, bayam, lobak dan lainnya dengan kandungan kaliumnya membantu menurunkan tekanan darah. Bisa dikonsumsi dalam kondisi segar bisa dibuat jus.
  • Oatmeal. Kandungan seratnya yang tinggi, rendah sodium dan lemak sangat baik untuk lambung saat sarapan. Sangat tepat dicampur dengan madu. Kalau suka yang segar, bisa ditambahkan dengan irisan buah pisang, apel, strowbery, kiwi dan lainnya. Baik oatmeal maupun buah tidak hanya mampu mengurangi asam lambung tetapi juga membantu memenuhi kebutuhan nutrisi.
Saat asam lambung meningkat, tidak hanya bisa menimbulkan rasa nyeri pada ulu hati saja yang tidak tertahankan. Rasanya seperti sulit untuk bernafas, bagian kerongkongan bisa terluka, begitu pula bagian sistem pencernaan. Itulah mengapa harus segera diatasi karena bisa berbahaya bagi tubuh. Apabila merasakan nyeri pada perut atau ulu hati, bahkan terasa pahit di bagian pangkal mulut dan tenggorokan itulah tandanya asam lambung meningkat.

Ingat! Cara alami tersebut hanyalah pertolongan pertama untuk membantu mengatasi asam lambung yang meningkat. Namun jika tidak juga membaik, tentu memerlukan perawatan dokter untuk memperoleh penanganan lebih tepat. Jangan disepelekan. Selalu usahakan untuk makan teratur dengan nutrisi yang cukup. Jangan sampai terlambat dan menyesal. Hindari stres karena stress disebut-sebut juga bisa meningkatkan asam lambung. baca juga: Sering Mengalami Gangguan Pencernaan ? Ini Tipsnya
semacam masih seorang blogger angin-anginan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel