Khasiat di Balik Kesegaran Jeruk Nipis

Khasiat di Balik Kesegaran Jeruk Nipis – Apa yang menambah nikmat saat menikmati menu soto ayam? Perasan jeruk nipis. Apa yang membuat dahaga berkurang saat melalui hari yang melelahkan dan sangat panas? Es jeruk nipis. Apakah setuju dengan hal ini? emm pasti iya. Jeruk nipis memang dikenal dengan kesegarannya. Bisa menambah nikmat menu masakan. Jangan lupakan pula khasiatnya untuk kesehatan. Mengurangi gatal di tenggorokan? Mengurangi batuk saat dikonsumsi dengan kecap manis? Tidak hanya itu saja. baca juga: Tips Cegah Buah Hati Terkena Sariawan

Sebelumnya, perlu diketahui terlebih dahulu kandungan yang ada di dalamnya. Zat apa aja yang ada di dalamnya sehingga menjadikan buah ini begitu istimewa dan memiki banyak manfaat bagi kesehatan. Saat jeruk nipis diteliti dan diperiksa, di dalamnya memiliki kandungan asam sitrat, asam amino, kalsium, fosfor, vitamin B1, vitamin C, zat besi, minyak atsiri. Jeruk nipis juga mengandung senyawa flavonoid dan saponin. Senyawa tersebut salah satunya yaitu hesperidin. Hesperidin ini sangat efektif sebagai antiinflamasi, antioksidan dan mampu menghambat sintesis prosteglanin. Alhasil konsumsi jeruk nipis bisa meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah sariawan dan mempercepat proses penyembuhan saat sedang flu atau sakit. Jeruk nipis juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. lihat juga: Anda Terserang Influenza ? Coba Tips Ini

Cara Merasakan Manfaat Jeruk Nipis

Untuk merasakan manfaat jeruk nipis ada beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu :
  • Setelah bangun tidur mengonsumsi perasan jeruk nipis di dalam segelas air putih tanpa ditambah gula. Kebiasaan ini membantu mengurangi racun dalam tubuh. Dikenal juga sebagai minuman untuk detoksifikasi.
  • Membantu meningkatkan daya tahan tubuh dengan minum campuran air jeruk nipis ditambah dengan air hangat dan madu. Saat flu, demam atau kurang enak badan mengonsumsi minuman ini adalah pilihan tepat.
  • Konsumsi perasan jeruk nipis, jahe dan madu akan membantu mengurangi gatal di tenggorokan dan mempercepat penyembuhan batuk. Tentu lebih nikmat dibandingkan jeruk nipis yang diperas dan ditambah dengan kecap manis.
  • Untuk mengurangi kolesterol, pilih jeruk yang segar kemudian setelah dicuci bersih diiris tipis, masukkan dalam gelas tambahkan dengan air panas dan tutup rapat. Tunggu setidaknya 15 hingga 30 menit lalu minum sampai habis. Cara ini dilakukan dua kali sehari pagi dan malam sebelum tidur. Efek dari kulit yang ikut diseduh mungkin akan terasa sedikit pahit. Semakin lama direndam akan terasa makin pahit. Jika belum tahan bisa dicoba dengan perasan air jeruk nipis terlebih dahulu.
semacam masih seorang blogger angin-anginan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel