Ingin Miliki Gigi Sehat? Ingat Hal Ini!

tips miliki gigi sehat

Siapa yang tidak mau memiliki gigi sehat, tidak berlubang dan terlihat putih. Memiliki gigi yang sehat tentu akan membuat penampilan makin oke dan menambah kepercayaan diri. Hanya saja, kebersihan maupun kesehatan gigi seringkali kurang diperhatikan. Bahkan sering melakukan kebiasaan yang justru membahayakan atau bisa merusakan gigi. Pernahkan mencoba membuka bungkus makanan menggunakan gigi? Suka mengunyah es batu? Mencoba memutuskan benang menggunakan gigi? Itu hanya beberapa kebiasaan yang bisa merusak gigi. baca juga: Gigi Sakit dan Berlubang? 7 Obat Alami

Ingin Miliki Gigi Sehat? Ingat Hal Ini!

  • Saat menyikat gigi sebaiknya tidak terlalu keras atau kuat. Hal ini bisa melukai gusi dan membuatnya berdarah. Sikat gigi membantu membersihkan plak pada gigi sehingga gerakan menyikat gigi yang benar yaitu dengan gerakan memutar. Selama ini kebanyakan dilakukan dengan gerakan atas-bawah kemudian kiri-kanan.
  • Sikat gigi sebaiknya rutin diganti. Setidaknya tiga bulan sekali. Jangan menunggu sampai sikat terlihat berantakan atau berjuntai. Pergantian sikat gigi diperlukan untuk meminimalisir menumpuknya bakteri dan kuman yang menumpuk pada sikat gigi.
  • Jika memasang kawat gigi sebaiknya gunakan sikat gigi tipe proxabrush yang bisa membersihkan kotoran yang berada di sela-sela kawat gigi. Pemasangan kawat gigi biasanya dilakukan agar gigi rapi. Hanya saja dengan adanya kawat gigi akan membuat makanan lebih mudah tersangkut pada kawat gigi dan menimbulkan plak. Jadi memang harus rajin sikat gigi dan berkumur menggunakan mouthwash.
  • Jangan asal menggunakan produk pemutih gigi. Kemungkinan besar produk pemutih gigi yang ditemukan dengan mudah di pasaran menggunakan bahan peroksida. Bahan ini mengandung asam yang bisa merusak lapisan paling luar gigi yang berwarna putih, biasa disebut dengan enamel. Jika ingin memutihkan gigi sebaiknya langsung ke dokter gigi. Biasanya akan diberikan semacam sinar ultraviolet yang membuat enamel gigi nampak lebih cerah. Itupun tetap harus didukung dengan kebiasaan merawat gigi dengan benar sehingga kecerahan enamel tetap terjaga. Jadi jangan sembarangan menggunakan pemutih gigi. baca juga: Tips Cegah Buah Hati Terkena Sariawan

Perlu Diketahui....

  • Apabila sejak anak-anak usia di bawah 10 tahun sudah mengonsumsi obat antibiotik maka jangan heran jika gigi nampak memudar. Karena penggunaan obat antibiotik tersebut bisa membuat warna gigi memudar secara permanen.
  • Kandungan nikotin pada rokok bisa merusak gigi. Selain itu bisa menodai gigi. Sirkulasi darah pada mulut pun terganggu dan kemungkinan terkena penyakit gusi pun lebih besar.
  • Kebiasaan mengunyah permen karet yang memiliki kandungan xylitol bisa menghasilkan lebih banyak air liur pada mulut. Hal ini bisa membantu melepaskan gula yang melekat pada gigi. baca juga: Amankah Cokelat Dikomsumsi Oleh Anak?
semacam masih seorang blogger angin-anginan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel