Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan


Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan – Barangkali selama ini, orang lebih banyak yang mengenal bawang putih sebagai bumbu masakan. Padahal selain mampu membuat sedap masakan, bawang putih juga memiliki banyak khasiat bagi Kesehatan. Bawang putih bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan kinerja sel dalam tubuh jadi bisa dikatakan sebagai obat herbal untuk menjaga daya tahan tubuh. baca juga: Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan

Bumbu dapur yang memiliki nama ilmiah Allium sativum ini bisa dimanfaatkan untuk mengatasi peningkatan kadar lemak dalam darah. Bawang putih selama ini diyakini juga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Alhasil tubuh pun bisa berkurang kemungkinan terkena penyakit jantung maupun stroke. Sirkulasi darah pun juga lebih baik.

Mengapa bawang putih baik untuk kesehatan? 

  • Bawang putih di dalamnya terdapat enzimallinase yang mengubah senyawa allin menjadi allicin. Adanya perubahan itulah yang membuat bawang putih sangat baik untuk Kesehatan. Namun manfaatnya ini hanya bisa diperoleh dari bawang putih mentah. 
  • Konsumsi bawang putih justru bisa meningkatkan kadar lemak baik dalam darah. Alhasil bisa membantu mengeluarkan kolesterol jahat yang berlebih pada jaringan pembuluh arteri. 
  • Konsumsi secara rutin juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin, mineral, serat, karbohidrat, lemak dan protein. Adanya kandungan nutrient tersebut membantu memenuhi kebutuhan yang diperlukan sel tubuh. Sehingga bisa mencegah kerusakan sel karena sel tubuh yang rusak justru bisa menimbulkan kanker.

Cara Mengonsumsi Bawang Putih
Untuk bisa memperoleh manfaatnya tentu harus mengonsumsinya. Meskipun saat ini sudah banyak ditemukan obat herbal yang terbuat dari bawang putih namun tetap saja konsumsi bawang putih segar merupakan cara terbaik. Untuk bisa memperoleh manfaatnya, setiap hari cukup mengonsumsi satu siung bawang putih Segar. Apabila tidak kuat rasa getir maupun baunya, bisa dimakan bersamaan dengan nasi beserta lauknya.

Jika khawatir dengan bau mulut atau bau badan yang ditimbulkan setelah konsumsi bawang putih, bisa dikurangi dengan perbanyak konsumsi air putih. Setidaknya dua liter setiap harinya. Tentu saja, manfaat dari bawang putih tersebut bisa benar-benar dirasakan ketika diimbangi pula dengan memenuhi nutrisi yang diperlukan tubuh yang berasal dari buah, sayur dan sumber makanan lain. Selain itu jangan pernah lupakan olahraga.baca juga: Ini Dia Bahan Alami untuk Atasi Insomnia
semacam masih seorang blogger angin-anginan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel