Cara Mudah Kendalikan Kolesterol Tinggi


Cara Mudah Kendalikan Kolesterol Tinggi – Kolesterol tinggi bisa memicu berbagai jenis penyakit berat lainnya seperti penyakit jantung dan stroke. Selama ini faktor keturunan seringkali menjadi kambing hitam tingginya kadar kolesterol seseorang. Benarkah demikian? Faktor keturunan memang memiliki peranan bagi seseorang untuk mengidap penyakit kolesterol seperti anggota keluarga lainnya. Namun sebenarnya tidak selalu demikian. Justru ketika ada anggota keluarga yang memiliki kolesterol tinggi, maka bisa melakukan pencegahan agar tidak terkena kolesterol tinggi.
Mudahnya begini, ketika mengetahui kakek, nenek, ayah, ibu, kakak, atau anggota keluarga lainnya memiliki kolesterol tinggi sedangkan diri sendiri belum mengalami, maka inilah kesempatan untuk menjaga badan agar tidak terkena kolesterol tinggi. Selama ini tidak sedikit orang yang berhasil mencegah terkena kolesterol tinggi. Khususnya berlaku pada orang-orang yang memiliki kesadaran tinggi dan melakukan usaha untuk menjaga kesehatannya.

Langkah Mudah Cegah Kolesterol Tinggi

  • Periksa kadar kolesterol secara rutin. Hal ini perlu dilakukan sehingga bisa diketahui berapa kadar kolesterol yang dimiliki. Jika ternyata memiliki kadar kolesterol tinggi segera konsultasilkan dengan dokter yangg memang berkompeten mengenai hal tersebut. Ikuti setiap nasihat yang diberikan untuk mengendalikan kadar kolesterol agar tetap normal.
  • Konsumsi satu siung bawang putih mentah setiap hari untuk menjaga kadar kolesterol. Jika tidak tahan dimakan langsung bisa dimakan saat makan nasi. Ada juga suplemen bawang putih, namun pastikan suplemen tersebut benar-benar dibuat dari bawang putih.
  • Selalu kendalikan asupan makanan yang dikonsumsi. Hindari makanan yang memiliki peluang mampu meningkatkan kadar kolesterol jahat. Sebut saja makanan yang bersumber dari hewani mulai dari daging, keju, kuning telur, jerohan dan lainnya. Kemudian gorengan dan makanan olahan yang mampu meningkatkan kadar kolesterol jahat.
  • Perbanyak konsumsi sumber makanan yang mampu meningkatkan kolesterol baik. Misalnya saja buah-buahan, sayuran, makanan berbahan kedelai dan seterusnya.
Selain memperhatikan pola makan juga perlu diperhatikan bagaimana aktifitas fisik setiap harinya. Gerak badan diperlukan sehingga badan pun juga sehat. Pastikan untuk selalu menyediakan waktu untuk melakukan olahraga. Jika memungkinkan selalu sediakan waktu setidaknya 30 menit setiap harinya untuk melakukan olahraga. Jika tidak memungkinkan bisa dilakukan minimal sekali dalam seminggu.
semacam masih seorang blogger angin-anginan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel