Kenali Penyebab dan Tips Menangani Anemia Pada Si Kecil

Anemia merupakan suatu keadaan ketika tubuh mengalami kekurangan sel darah merah atau kadar hemoglobin cukup rendah. Keadaan ini menyebabkan penderita menjadi lemah, letih, lesu, dan malas melakukan aktivitas apapun.

Anemia merupakan suatu keadaan ketika tubuh mengalami kekurangan sel darah merah atau kadar hemoglobin cukup rendah. Keadaan ini menyebabkan penderita menjadi lemah, letih, lesu, dan malas melakukan aktivitas apapun.

Jenis dan Penyebab Anemia Pada Anak


Anemia karena kehilangan berlebihan.
Anemia yang disebabkan oleh kehilangan darah yang berlebihan biasanya terjadi saat anak-anak mengalami hal-hal sebagai berikut.
  • Adanya perdarahan karena kecelakaan, seperti jatuh dan sejenisnya.
  • Adanya perdarahan karena satu penyakit seperti maag akut, kenker, dan wasir.
  • Pengaruh obat-obat anti-inflamasi yang digunakan.


Anemia karena kekurangan produksi sel darah merah
Produksi darah merah pada seseorang yang sehat tentu sesuai dengan kebutuhannya. Pada kasus tertentu, seseorang tak bisa memproduksi sel darah merah sesuai kebutuhannya. Hal inilah yang kemudian menjadi penyebab anemia. Beberapa yang menjadi penyebab produksi sel darah merah berkurang antara lain.
Penderita anemia sel sabit, yaitu bentuk sel darah merah seperti bulan sabit. Bentuk demikian membuat sel darah merah memecah dengan cepat sebelum mendapatkan oksigen dan nutrisi yang cukup untuk disebarkan ke seluruh sel tubuh.

Kekurangan zat besi, biasanya disebabkan oleh pola makan yang buruk dan keadaan luka atau terkena penyakit tertentu sehingga mengeluarkan banyak darah.
Kekurangan vitamin, terutama vitamin B12 karena ketidakmampuan lambung menghasilkan zat intrinsik yang akan membantu penyerapan makanan dan minuman.

Anemia karena penghancuran sel darah merah yang berlebihan (hemolisis). Anemia jenis ini membuat seseorang mengalami kematian dini pada sel-sel darah merahnya sehingga sumsum tulang sebagai produsen sel darah merah tak sanggup mengimbangi dengan produksi yang baru. Keadaan seperti ini bisa disebabkan oleh.
  • Infeksi
  • Reaksi dari satu obat tertentu.
  • Beberapa prosedur medis, seperti penanganan pasien paru dan ginjal yang memerlukan mesin tertentu.
  • Keracunan.

Tips Penanganan Anak yang Terserang Anemia

Berbagai penyebab anemia membutuhkan penanganan berbeda, ada yang harus menggunakan bantuan dokter atau medis dan ada yang bisa ditangani sendiri. Anemia yang disebabkan oleh penyakit tertentu, reaksi obat, dan kehilangan banyak darah harus menggunakan bantuan dokter atau medis yang berpengalaman untuk menanganinya.
Namun, untuk mengatasi anemia dikarenakan kurangnya gizi dan nutrisi bisa dilakukan oleh orang tua dengan memerhatikan asupan makanan dan minuman si anak. Di samping masalah nutrisi, anak yang mengalami anemia perlu dibiasakan untuk berolahraga pagi dan menghirup udara  segar. Sedangkan siang hari lebih baik beristirahat.

Berikut ini makanan dan minuman yang baik bagi pembentukan sel darah merah.
  • Daging merah, seperti daging sapi dan produk olahannya.
  • Susu dan berbagai produk olahannya.
  • Sayuran yang banyak mengandung zat besi, seperti bayam dan kangkung.
  • Seafood seperti udang dan tiram.
  • Hati sapi dan ayam kampung.
  • Buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, untuk memudahkan penyerapan zat besi pada tubuh.

Nah bunda, demikian beberapa hal yang harus diketahui seputar penyakit anemia yang sering menyerang anak, plus bagaimana mencegah dan merawat si kecil yang menderita anemia. Happy parenting bunda
BASRI.D.S.Kep Kami miliki visi back to nature, dengan menggali potensi herbal melalui pendekatan biological based practice untuk membantu penyembuhan penyakit dan meningkatkan status kesehatan agar hidup lebih berkualitas. Semua konten yang dipublish di blog ini bersifat edukatif, bukan sebagai standar/panduan pengobatan, tetap berkonsultasi ke dokter atau ahli herbal.

0 Response to "Kenali Penyebab dan Tips Menangani Anemia Pada Si Kecil"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel