Croup - Batuk dan Sesak Nafas Pada Anak

Croup - Batuk dan Sesak Nafas Pada Anak
Tips Kesehatan - Ini adalah infeksi virus yang umumnya terjadi pada anak dari usia antara 3 bulan hingga 3 tahun. Ini biasanya dimulai dengan gejala seperti hidung berair, bersin dan disertai dengan demam. Setelah sehari atau dua hari, anak batuk seperti singa laut dengan suara parau. Serangan croup terjadi di pagi hari, dan jika parah anak membuat suara siulan saat menarik nafas. Sebagian besar anak sembuh setelah beberapa hari, tapi batuknya sembuh lebih lama. Kunjungi dokter jika Anda pikir anak kena croup, untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Serangan croup bisa menakutkan bagi Anda dan anak. Segera bertindak untuk mengobati gejalanya, lakukan hal-hal berikut ini :
  • Lembabkan udara di kamar mandi dan duduk di sana bersama anak hingga bernafas dengan mudah.
  • Jika anak di tempat tidur, lembabkan udara dengan himidifier atau pelembab udara. Jika bisa tidurlah bersama anak untuk menjaganya.
  • Berikan paracetamol untuk menurunkan demam si kecil, jangan berikan obat batuk.
  • Minta anak berisitirahat dan banyak minum minuman hangat sepanjang hari.
  • Duduk tegak akan membuat anak bernafas lebih mudah. Dudukkan bayi di kursi bayi.
  • Kunjungi dokter kembali apabila anak tetap tak nyaman seskipun telah di rawat dan diobati, atau anak Anda tidak membaik setelah 2 hingga 3 hari perawatan.

Teknik Praktis - Melembabkan udara untuk melegakan pernafasan, Anda bisa duduk bersamanya di ruangan beruap di kamar mandi selama 20 menit. Anda bisa membawa buku cerita untuk mengalihkan perhatian anak.
  • Tutup pintu, jalankan air panas atau taruh seember air panas, dan biarkan ruangan beruap.
  • Pangku anak, pegang punggungnya. Jaga anak jauh dari air panas.
  • Biarkan anak bernafas di udara lembab selama 15 menit, hingga ia bernafas lebih lega. Jika tidak membaik segera hubungi dokter Anda.
Demikian penjelasan dan tips mengatasi croup ( batuk dan sesak nafas ) yang sering terjadi pada anak, semoga bisa membantu. happy parenting.


BASRI.D.S.Kep Kami miliki visi back to nature, dengan menggali potensi herbal melalui pendekatan biological based practice untuk membantu penyembuhan penyakit dan meningkatkan status kesehatan agar hidup lebih berkualitas. Semua konten yang dipublish di blog ini bersifat edukatif, bukan sebagai standar/panduan pengobatan, tetap berkonsultasi ke dokter atau ahli herbal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel