Inilah Cara Orang Kampung Mengobati Keracunan

Inilah Cara Orang Kampung Mengobati Keracunan
Inilah Cara Orang Kampung Mengobati Keracunan - Anda pernah mengalami keracunan ? keracunan bisa disebabkan oleh banyak hal seperti keracunan makanan, minuman, alko*hol, pestisida, obat-obatan dan lain-lain. Saat seseorang mengalami keracunan, tentu harus dianggap sebagai kondisi gawat darurat, dan harus mendapatkan pertolongan medis secepatnya. Saat ini tidak terlalu susah mendapatkan pertolongan dan pengobatan saat seseorang menderita keracunan, karena banyak fasilitas kesehatan yang sudah tersedia baik di kota maupun dikampung-kampung, berbeda pada jaman dulu, dimana fasilitas kesehatan sangat minim bahkan tidak ada, lalu bagaimana orang-orang dulu mengatasi keracunan ?

Baik, akan saya ceritakan beberapa pengalaman empiris tentang bagaimana orang tua dulu mengatasi keracunan.

Pertama, saat itu ada tetangga yang mengalami pusing dan mual, serta muntah setelah menyemprot rumput dengan menggunakan pestisida, ketika ditanya apakah menggunakan masker saat menyemprot ? ia menjawab tidak,jadi  mungkin saat menyemprot terhirup udara yang mengandung pestisida yang terbawa angin, jadi kemungkinan orang tersebut mengalami keracunan pestisida. Kemudian, bapak itu di anjurkan minum air kelapa muda, untungnya di kampung kelapa muda sangat mudah diperoleh. Setelah minum air kelapa muda kondisinya mulai membaik, dan pusing, mual dan muntah tidka terjadi lagi.

Kedua, waktu itu kami punya tetangga yang mempunyai seorang anak remaja laki-laki yang punya kegemaran minum minuman keras ( alko*hol ), sampai suatu waktu karena mungkin minum terlalu banyak sehingga dia muntah-muntah, menggigil hingga tidak sadar, saat itu orang tuanya memberikan pertolongan pertama dengan air kelapa muda, dan akhirnya anak tersebut bisa tertolong.

Ketiga, ketika itu orang tua sedang menderita sakit kepala, kemudian saya disuruh membelikan obat analgetik yang banyak di jual bebas di warung, 2 jam setelah minum obat, malah keadaannya semaikn memburuk, muntah-muntah, jantung berdenyut kencang, dan berkeringat banyak. Kemudian diberikan air kelapa muda dan beberapa saat kemudian kondisinya mulai membaik.

Dari ketiga pengalaman empiris tersebut, timbul pertanyaan, benarkah air kelapa muda efektif mengobati keracunan ?

Saat ini saya belum punya referensi yang jelas tentang kandungan, dan manfaat air kelapa muda dalam mengobati keracunan, apa yang saya ceritakan diatas murni pengalaman pribadi saya. Mungkin Anda punya informasi dan referensinya, share disini yuk ?
BASRI.D.S.Kep Kami miliki visi back to nature, dengan menggali potensi herbal melalui pendekatan biological based practice untuk membantu penyembuhan penyakit dan meningkatkan status kesehatan agar hidup lebih berkualitas. Semua konten yang dipublish di blog ini bersifat edukatif, bukan sebagai standar/panduan pengobatan, tetap berkonsultasi ke dokter atau ahli herbal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel