Kenali prinsip dalam merawat kulit Anda

Kenali prinsip dalam merawat kulit Anda  - Anda mempunyai kulit yang sering bermasalah ? salah satu penyebab biasanya adalah karena ketidak tahuan kita tentang prinsip merawat kulit yang benar dan sehat, atau mungkin juga karena kesibukan Anda sehingga tidak punya cukup waktu untuk melakukan perawatan kulit dengan baik dan sehat.Pilihan untuk menerapkan gaya hidup yang sehat juga diyakini akan dapat membantu menunda proses penuaan alami dan dapat mencegah berbagai masalah penyakit.

Berikut ada beberapa prinsip dasar yang dapat Anda praktekkan untuk menjaga dan merawat kesehatan kulit Anda, diantaranya :


Salah satu cara yang efektif dan paling penting untuk merawat kulit Anda adalah melindunginya dari sinar matahari yang berlebihan. Paparan sinar matahari yang terus menerus bisa menyebabkan keriput, bintik-bintik dan masalah kulit lainnya, dan yang paling mengerikan adalah Anda mempunyai risiko lebih besar untuk menderita kanker kulit.

  • Gunakan Tabir Surya.Dianjurkan menggunakan tabir surya spektrum luas dengan SPF minimal 15.Ketika Anda berada diluar ruangan Anda dapat mengulangi penggunaan tabir surya setiap 2 jam atau lebih sering, apalagi jika Anda sedang berenang atau berkeringat yang banyak.
  • Berteduhlah ketika sedang panas terik.Hindari matahari pada jam 10:00 - 16:00, karena pada waktu tersebut biasanya sinar matahari sangat kuat dan menyengat.
  • Gunakan pakaian pelindung.Gunakan pakaian yang dapat melindungi kulit Anda dari paparan langsung sinar matahari misalnya gunakan kemeja lengan panjang, celana panjang, dan topi bertepi lebar.Kemudian juga bahan pakaian harus mampu menyerap keringat, atau gunakan pakaian pelindung khusus yang sudah dirancang untk memblokir sinar ultraviolet.

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa merokok membuat kulit Anda tampak lebih tua dan dapat mempercepat keriput.Rokok mempunyai efek negatif yaitu mempersempit pembuluh darah tepi ( vasokontriksi perifer ) dilapisan terluar kulit, yang akhirnya akan menurunkan dan membatasi jumlah aliran darah yang membawa oksigen dan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit.Merokok juga dapat merusak kolagen dan elastin - serat yang memberikan kulit Anda kekuatan dan elastisitas.Selain itu, ekspresi Anda pada saat mengisap dan mengeluarkan asap rokok dapat membuat kulit anda lebih cepat menjadi keriput.

Jika Anda termasuk pe#okok, cara terbaik untuk melindungi dan menjaga kulit Anda agar tetap sehat adalah berhenti merokok.Jika Anda kesulitan, anda dapat meminta bantuan dan menanyakan pada dokter Anda tentang kiat-kiat agar bisa berhenti merokok.


Ada beberapa tips yang di praktekkan dalam keseharian Anda, agar kulit Anda tetap terawat dan terjaga, yakni :
  • Batasi waktu Mandi.Jika Anda mandi tidak disarankan jangan terlalu lama dan usahakan menggunakan air hangat, jangan terlalu panas, karena akan membawa efek yang kurang baik bagi kulit Anda, karena kita tahu kulit sangat sensitif berbagai hal terutama sensasi panas.
  • Hindari sabun yang kuat.sabun yang terlalu kuat dikhawatirkan akan menyebabkan iritasi pada kulit Anda, jadi gunakanlah sabun pembersih yang ringan.
  • Bercukur dengan hati-hati.Sebelum bercukur oleskan krim pencukur,lotion atau gel  untuk melindungi dan melumasi kulit Anda.gunakan alat cukur yang tajam, bersih dan senyaman mungkin.
  • Gunakan handuk yang lembut.sehabis mandi atau mencuci, keringkanlah dengan handuk dengan cara menepuk secara lembut sehingga kelembaban kulit Anda akan tetap terjaga.
  • Gunakan pelembab untuk kulit kering.Jika tipikal kulit anda tergolong kering, gunakanlah pelembab  yang sesuai dengan jenis kulit Anda.untuk penggunaan sehari-hari pertimbangkanlah pelembab yang mengandung SPF.


Diet sehat dapat membantu anda untuk mempertahankan vitalitas terbaik Anda, makan banyak buah-buahan, sayuran,biji-bijian yang kaya akan vitamin C dan rendah lemak menurut beberapa penelitian akan membuat kulit Anda terlihat lebih muda dan fresh.


Stress yang tidak dapat dikendalikan atau yang tidak terkontrol dapat membuat kulit lebih sensitif dan akan mudah memicu timbulnya jerawat dan masalah kulit lainnya.Jadi jika Anda ingin kulit anda tetap sehat dan segar, mau tidak mau anda harus berusaha mengendalikan dan meminimalisir stress Anda, jika Anda merasa kesulitan mengendalikan stress Anda, disarankan meminta bantuan dokter atau konsultan psikolog yang mungkin bisa memberikan tips agar Anda dapat mengendalikan stress Anda.dan jangan lupa nikmati apapun pekerjaan Anda.
BASRI.D.S.Kep Kami miliki visi back to nature, dengan menggali potensi herbal melalui pendekatan biological based practice untuk membantu penyembuhan penyakit dan meningkatkan status kesehatan agar hidup lebih berkualitas. Semua konten yang dipublish di blog ini bersifat edukatif, bukan sebagai standar/panduan pengobatan, tetap berkonsultasi ke dokter atau ahli herbal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel