Inilah tips sederhana agar mata tetap sehat

Inilah tips sederhana menjaga mata tetap sehat - Mata merupakan anugerah dan karunia yang tak terhingga dari Sang pencipta, jadi tidak salah jika ada pepatah mengatakan bahwa " Mata adalah jendela dunia " karena dengan mata kita bisa melihat keindahan dunia dengan segala isinya, Anda bisa melihat wajah-wajah orang yang Anda kasihi, keluarga, sahabat dan lingkungan dimana Anda berada, bisa kita bayangkan bagaimana para penderita tunanetra tidak bisa menikmati kehidupan seutuhnya, patut kita syukuri atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT kepada kita dengan cara menjaga dan merawat mata kita agar senantiasa tetap sehat.

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga mata tetap sehat, jika Anda tertarik, ikutilah langkah-langkah sebagai berikut :

Lakukan pemeriksaan mata secara berkala dan berkesinambungan.

Selama ini mungkin Anda berpikir bahwa penglihatan ( visus ) Anda baik-baik saja, atau mata Anda sehat-sehat saja, akan tetapi dengan mengunjungi tempat perawatan mata yang profesional untuk melakukan pemeriksaan mata secara komprehensip adalah satu-satunya cara untuk memastikan bahwa kesehatan mata Anda baik-baik saja.Juga beberapa orang kadang-kadang tidak menyadari bahwa mereka bisa melihat lebih baik dengan kacamata atau lensa kontak.Selain itu penyakit mata yang umum terjadi seperti glaukoma, penyakit diabetes serta penyakit karena usia seperti degenerasi makula seringkali tidak memiliki tanda dan gejala untuk peringatan.

Ketahui riwayat kesehatan mata keluarga Anda.

Bicarakan dengan keluarga besar Anda, apakah ada riwayat penyakit yang diderita anggota keluarga.Jadi sangat penting diketahui apakah ada orang dalam anggota keluarga yang telah di diagnosis penyakit yang sifatnya turun-temurun.Hal ini akan membantu untuk menentukan apakah Anda berisiko tinggi untuk menderita penyakit mata.

Komsumsi makanan yang mampu melindungi kesehatan mata Anda

Anda mungkin mengetahui bahwa wortel baik bagi kesehatan mata Anda, tetapi diet makanan yang kaya buah-buahan dan sayuran berdaun hijau sangat gelap seperti bayam, kangkung atau collard hijau adalah juga sangat penting untuk menjaga kesehatan mata Anda.Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa makan ikan yang kaya akan omega-3 asam lemak, seperti salmon, tuna sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

Menjaga berat badan agar tetap ideal.

Kelebihan berat badan ( obesitas ) akan meningkatkan risiko untuk terkena diabetes dan kondisi sistemik lainnya yang dapat menyebabkan kerusakan mata / kehilangan penglihatan seperti penyakit mata oleh karena diabetes ( glaukoma ).Jika Anda kesulitan mengontrol berat badan, mintalah petunjuk dari dokter Anda.

Pakailah kacamata pelindung.

Sangat disarankan menggunakan kacamata pelindung pada saat berolahraga dan melakukan kegiatan di sekitar rumah.kaca mata pelindung termasuk yang dirancang khusus untuk melakukan aktivitas tertentu, lensa kacamata yang digunakan untuk pelindung biasanya terbuat dari bahan polycarbonate, yaitu 10 kali lebih kuat dari plastik lainnya, biasanya banyak ditemukan di toko khusus perawatan mata atau di toko yang menjual alat-alat olahraga.

Tidak merokok atau berhenti merokok.

Rokok sangat buruk bagi Anda, karena rokok yang diisap akan meninggalkan racun ( nikotin ) dalam tubuh Anda, beberapa penelitian juga menunjukkan adanya hubungan perokok terhadap peningkatan risiko degenerasi makula seperti katarak, kerusakan saraf optik yang semuanya dapat menyebabkan kebutaan.

Berikan waktu mata Anda untuk beristirahat.

Jika seharian Anda menghabiskan waktu di komputer atau untuk sesuatu hal, Anda kadang lupa untuk mengedipkan mata, yang menyebabkan mata menjadi lelah.Cobalah tips 20:20:20, artinya setiap 20 menit, cobalah melihat jauh sekitar 20 meter didepan Anda selama 20 detik.

Bersihkan tangan dan lensa kontak Anda secara benar.

Untuk menghindari risiko infeksi biasakan selalu mencuci tangan dengan benar sebelum memasang dan melepaskan lensa kontak Anda.dan pastikan untuk selalu mensterilkan lensa kontak Anda dan menggantinya sesuai aturan yang telah ditentukan.

Inilah beberapa tips sederhana yang dapat Anda lakukan agar kesehatan mata tetap terjaga, lakukan secara teratur dan berkesinambungan untuk hasil yang maksimal. 
BASRI.D.S.Kep Kami miliki visi back to nature, dengan menggali potensi herbal melalui pendekatan biological based practice untuk membantu penyembuhan penyakit dan meningkatkan status kesehatan agar hidup lebih berkualitas. Semua konten yang dipublish di blog ini bersifat edukatif, bukan sebagai standar/panduan pengobatan, tetap berkonsultasi ke dokter atau ahli herbal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel