Khasiat Menakjubkan dari Buah Pisang


Khasiat Menakjubkan dari Buah Pisang – Buah pisang merupakan salah satu jenis buah yang paling mudah ditemukan di Indonesia. Buah ini juga memiliki banyak penggemar dengan rasanya yang manis. Ada berbagai jenis buah pisang dengan rasa yang berbeda meskipun didominasi rasa manis. Mulai dari pisang raja, ambon, emas, awak, batu, dan sebagainya. Bisa jadi setiap daerah memiliki nama masing-masing untuk jenis pisang yang sebenarnya sama. Tidak sedikit pula yang menganggap pisang adalah buahnya orang kampung karena mudahnya buah ini dibeli dengan harga terjangkau. Padahal buah ini memiliki berbagai khasiat menakjubkan bagi kesehatan tubuh. baca juga: Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan

Khasiat Buah Pisang

Berikut ini beberapa kandungan sekaligus khasiat yang bisa diperoleh melalui buah pisang, apapun jenis pisangnya, yaitu :

  • Baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Hal ini tidak lain karena kandungan vitamin C yang ada pada pisang. Mengonsumsi satu buah pisang memiliki kandungan vitamin C sekitar 10 mg. Jumlah tersebut memenuhi sekitar 15 persen kebutuhan vitamin C harian yang disarankan. Pisang juga memiliki kandungan vitamin lain seperti vitamin A dan E sehingga kaya antioksidan.
  • Sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung, fungsi otot maupun saraf. Hal ini tidak lain karena buah ini tidak mengandung lemak maupun kolesterol. Selain itu buah ini juga tinggi kandungan potasium yang baik untuk kesehatan jantung. Kadar potasium pada buah pisang dengan ukuran sedang setidaknya mengandung sekitar 400 mg potasium. Kandungan potasium ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan otot dan saraf serta mencegah kram otot saat sedang berolahraga. 
  • Berfungsi sebagai isotonik. Selama ini ada begitu banyak macam minuman isotonik yang ada di pasaran. Minuman tersebut dikatakan mampu mengembalikan cairan dalam tubuh karena kandungan elektrolit di dalamnya. Nah, buah pisang memiliki kemampuan untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Saat sedang berolahraga, hiking, bahkan diare sangat tepat mengonsumsi buah pisang karena membantu mencegah mengalami dehidrasi.
  • Menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan serat yang ada pada buah pisang membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Adanya serat tersebut juga membuat perut terasa kenyang lebih lama. Serat pada buah pisang juga membantu membersihkan saluran pencernaan. Pisang juga berfungsi sebagai antasida alami yang membantu mencegah penyakit maag.
Pisang juga memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin B6, mangan, magnesium, kalsium, fosfor, folat, asam amino dan karoten. Buah ini termasuk tinggi karbohidrat dan mudah dicerna. Sangat efektif untuk menanggulangi rasa lapar. Karena mudah dicerna buah ini juga mudah diserap tubuh alhasil energi yang hilang bisa kembali lebih cepat. Tidak heran jika sering disarankan dikonsumsi setelah beraktifitas berat, perjalanan jauh, olaharaga maupun saat berbuka puasa. lainnya : Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Kandungan pektin pada pisang juga membantu mengeluarkan racun dalam tubuh atau memiliki kemampuan untuk detoksifikasi. Pisang juga bermanfaat untuk mencegah stress maupun PMS atau sakit menjelang menstruasi atau datang bulan. Jadi jangan pernah ragu untuk mengonsumsi buah pisang setiap hari.baca juga: Ramuan Herbal Untuk Atasi Demam
semacam masih seorang blogger angin-anginan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel