Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh dan Mental

manfaat puasa bagi kesehatan tubuh

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh dan Mental – Bagi seorang muslim menjalan puasa ramadan merupakan bagian dari ibadah untuk semakin mendekatkan diri dengan Allah SWT. Namun ternyata di balik ibadah tersebut ternyata juga menyimpan keistimewaan memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh secara fisik maupun kesehatan secara mental. Dimana puasa mampu memberikan ruang isitrahat bagi organ saluran pencernaan. Selain itu juga memberikan dampak bagi kesehatan mental karena mampu meningkatkan kesehatan secara emosional. Karena saat puasa tubuh mampu mengeluarkan bahan kimia yang mampu melindungi otak dan meningkatkan mood. baca juga: Saat Berbuka Puasa, Jangan Langsung Makan Besar!

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Berikut ini ada beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh ketika menjalankan puasa, antara lain : 
  • Bisa meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Berdasarkan penelitian ketika tubuh berpuasa maka akan terjadi peningkatan limfosit bahkan hingga sepuluh kali lipat. Sel T pada tubuh mengalami peningkatan meskipun sel darah putih tidak berubah hal ini sangat baik untuk kesehatan pembuluh darah dan kesehatan jantung.
  • Baik untuk kesehatan jantung. Pada saat tubuh berpuasa tidak hanya meningkatkan daya tahan tubuh tetapi juga mampu meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) dan menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) yang sudah pasti sangat bermanfaat bagi kesehatan pembuluh darah dan jantung. 
  • Memperbaiki kinerja sel dalam tubuh. Saat menjalankan puasa mampu membentuk sel baru dan mampu membersihkan lemak yang menggumpal pada bagian organ hati. Saat puasa terdapat sel-sel dalam tubuh yang mati namun banyak pula yang tumbuh lebih banyak lagi. baca juga: Ini Dia Makanan yang Bisa Diandalkan saat Sahur

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Mental

Mengutip dari Boldsky.com dikatakan bahwa berdasarkan penelitian ketika menjalankan puasa ada beberapa manfaat yang baik bagi kesehatan mental diantaranya : 
  • Mampu mengurangi kecemasan maupun depresi yang dialami. Hal ini dikarenakan ketika berpuasa tubuh mampu melepaskan endorfin jauh lebih banyak ke otak. Inilah yang mampu memberikan perasaan bahagia. Sehingga jauh lebih rileks dan damai ketika menjalankan puasa. Tidur jauh lebih nyenyak. Karena lebih tenang dan damai, saat tidur pun lebih tenang. 
  • Mampu mengurangi sakit kepala atau migrain. Pada saat menjalankan puasa mampu meningkatkan serotonin pada otak sehingga memberikan rasa bahagia dan santai serta jauh dari migrain. Selain itu juga mampu meningkatka perubahan kualitas yang lebih baik pada otak. Alhasil pikiran lebih jernih dan yakin dalam menentukan keputusan.
  • Mampu menurunkan berat badan. Adanya perubahan pola maka menjadikan saat puasa mampu menurunkan kadar gula darah maupun berat badan. Namun hal ini sangat berkaitan erat dengan bagaimana pola makan dilakukan. Apabila saat berbuka jauh lebih banyak mengonsumsi makanan maupun minuman manis tentu tidak akan berpengaruh terhadap penurunan berat badan. artikel lainnya: Pentingnya Cukup Tidur Saat Sedang Berpuasa
semacam masih seorang blogger angin-anginan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel