Penyakit Scabies dan Solusinya

Scabies adalah infeksi yang disebabkan tungau di bawah permukaan kulit. Awalnya Anda merasa gatal yang kuat, yang memburuk di malam hari

Gambar : Tungau Scabies

Penyakit Scabies dan Solusinya - Scabies adalah infeksi yang disebabkan tungau di bawah permukaan kulit. Awalnya Anda merasa gatal yang kuat, yang memburuk di malam hari. Anda kemudian memperhatikan benjolan kecil dan garis kecil berbentuk pensil tipis ( liang ), biasanya timbul diantara jari tangan attau kaki dan di siku atau pergelangan, tapi dapat terjadi dimanapun di kulit. Scabies sangat mengganggu. Semua orang bisa dikenai, tak bergantung pada usia dan higienis, tertular lewat kontak kulit atau hanya menggunakan tempat tidur, handuk, atau baju yang sama.

Apa Yang Perlu Anda Lakukan Jika Penyakit ini ?

Untuk hasil yang terbaik, mulai pengobatan scabies segera setelah gejalanya muncul, sekitar 8 minggu setelah serangan.
  • Gunakan atau lotion untuk mengobati scabies ( Lotion scabies : biasanya mengandung obat anti parasit malathion atau pemethrin. Bubuhkan di seluruh tubuh: tidak boleh dikepala dan wajah. Potong kuku pendek dan bubuhkan di bawah kuku. Bayi di bawah 2 tahun dan orang usia lanjut perlu diobati kepala dan wajahnya juga, Biarkan lotion semalam, lalu bersihkan dipagi hari. Aplikasi kedua dilakukan seminggu kemudian jika disarankan.Krem dan Antihistamin : Antihistamin membantu menghilangkan rasa gatal yang sangat mengganggu. Jenis sedatif ( penenang ) akan membuat Anda merasa ngantuk, jadi gunakan di malam hari. Krem yang digunakan biasanya krotamiton dan lotion calamin ).
  • Pastikan penghuni rumah atau teman dekat juga di obati, meski tidak menunjukkan gejala dan tanda scabies. Mereka bisa terserang tanpa ditemukan gejala.
  • Tungau scabies dapat hidup selama 1-2 hari di baju dan tempat tidur. Untuk membunuh tungau, cuci baju, sprei, dan handuk dalam air panas dan keringkan dengan pengering. Cuci barang pribadi seperti sikat rambut jika mungkin.
  • Sedot debu karpet, permadani, furnitur, bantal karena mungkin jadi tempat tungau scabies. Gunakan kantong sekali pakai atau untuk penyedot debu Anda. Jika Anda punya penyedot debu dengan kantong debu, buang lalu cuci setelah digunakan.
  • Atur Jadwal kunjunga ke dokter jika Anda tetap gatal lebih dari dua minggu setelah pengobatan atau bercak semakin nyeri dan mulai berair.
BASRI.D.S.Kep Kami miliki visi back to nature, dengan menggali potensi herbal melalui pendekatan biological based practice untuk membantu penyembuhan penyakit dan meningkatkan status kesehatan agar hidup lebih berkualitas. Semua konten yang dipublish di blog ini bersifat edukatif, bukan sebagai standar/panduan pengobatan, tetap berkonsultasi ke dokter atau ahli herbal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel