Sudahkah Menabung untuk Tulang?

Sudahkah Menabung untuk Tulang? – Menabung selalu identik dengan uang maupun jenis investasi lain yang memang berhubungan dengan materi. Padahal sebenarnya menabung perlu dilakukan untuk kesehatan, salah satunya untuk kesehatan tulang. Ketika usia masih muda, kondisi tulang masih kuat dan masih mengalami pertumbuhan atau berkembang. Tulang juga cenderung sangat jarang mengalami masalah kecuali karena memang mengalami penyakit tertentu atau mengalami hal lain. Namun ketika usia semakin bertambah maka kesehatan atau kekuatan tulang pun semakin berkurang. Apalagi pada usia lanjut, seringkali mengalami pengeroposan tulang atau biasa disebut dengan osteoporosis. Tulang sudah tidak mungkin mengalami perkembangan. Itulah mengapa perlu menabung tulang sejak dini agar bisa memiliki tulang sehat saat tua nanti.
 
cara mudah mencegah osteoporosis

Rahasia Mengenai Tulang

Ada beberapa rahasia mengenai tulang yang perlu diketahui sebelum memutuskan untuk melakukan investasi demi tulang sehat, diantaranya :
  • Sel-sel pembangun tulang bekerja secara aktif hanya sampai seseorang berusia 30 tahun. Jadi ada baiknya sejak dini untuk memacu sel-sel tersebut agar bekerja secara maksimal sehingga akan diperoleh peak bone mass dimana tulang benar-benar memperoleh kepadatan yang maksimal. Kekuatan tulang pun terjaga.
  • Makanan terbaik untuk tulang tentu saja kalsium. Pastikan cukup konsumsi makanan maupun minuman yang mengandung kalsium contohnya saja susu baik susu sapi, kambing, kedelai atau yogurt, keju, buncis, brokoli dan sebagainya.
  • Kenali dan lakukan kebiasaan baik kemudian hindari kebiasaan buruk bagi tulang.

Cara Tepat untuk Menabung Tulang

Nah, selanjutnya tentu saja melakukan berbagai hal untuk menabung tulang demi hari tua nanti, diantanya :
  • Selalu melakukan cukup olahraga. Misalnya jalan kaki, jogging, bersepeda, naik turun tangga, latihan beban atau kekuatan otot dan sebagainya. Olahraga yang dilakukan tersebut sangat baik untuk otot maupun kepadatan tulang yang berada di sekitar otot tersebut. Manfaat  memiliki otot yang kuat akan membantu mengurangi kemungkinan mengalami cedera yang berat akibat efek dari beban tubuh misalnya saat membawa banyak barang atau saat menggunakan sepatu berhak sangat tinggi. 
  • Jangan memberikan beban terlalu berat bagi tulang. Misalnya membawa barang yang tidak terlalu berat. Dan tidak menggunakan sepatu berhak terlalu tinggi. Mungkin tidak ada salahnya mengikuti saran dari American Chiropractic Association (ASA) yang mengatakan bahwa batas ideal tas atau beban yang dibawa adalah kurang dari 10 persen berat badan kita. Sementara itu seorang dokter osteopathy bernama dr. Natalie A. Nevins mengatakan penggunaan sepatu berhak yang aman adalah sepatu berhak kurang dari 4 cm.
  • Perbanyak konsumsi makanan atau minuman berkalsium dan batasi konsumsi minuman yang mengandung kafein, alkohol dan rokok. Karena baik minuman berkafein, beralkohol dan rokok sama-sama mampu mengurangi kadar kalsium tubuh.
Semoga informasi tersebut akan membantu Anda untuk melakukan investasi bagi kesehatan tulang Anda dan keluarga sejak dini.
semacam masih seorang blogger angin-anginan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel