9 Cara Sederhana Mencegah Varises Semakin Parah



9 Cara Sederhana Mencegah Varises Semakin Parah
Pic Source : Adam
9 Cara Sederhana Mencegah Varises Semakin Parah - Varises adalah pembuluh darah kebiruan yang menyembul di bawah kulit, biasanya di kaki bagian dalam, belakang betis, atau lutut. Kaki yang sakit mungkin terasa berat, lutut Anda bengkak, dan kulit diatas varises kering dan terasa gatal. Masalahnya lebih umum pada wanita dan biasanya diturunkan dalam keluarga. Kehamilan, konstipasi, kelabihan berat badan, atau berdiri terlalu lama dapat meningkatkan resikonya. ( Baca juga postingan sebelumnya : Tips Atasi Nyeri Sendi Lutut )

Meskipun langkah perawatan sendiri tak dapat menghilangkan dan menyembuhkan varises, beberapa cara sederhana berikut ini akan mengurangi ketidaknyamanan dan mencegah varises semakin parah dengan memperbaiki sirkulasi dan kekuatan otot.

  1. Coba Hindari berdiri terlalu lama. Bila tak dapat dihindarkan, lenturkan kaki setiap beberapa menit dan goyangkan jari kaki. Jika duduk dalam waktu lama, bangun setiap 30 menit dan berjalan.
  2. Jangan silangkan kaki saat duduk, karena menghambat aliran darah ke kaki bagian bawah.
  3. Saat Anda duduk santai, naikkan kaki ke bangku kecil atau tumpukan buku, tapi berhati-hati untuk tidak menaruh sesuatu langsung di bawah lutut.
  4. Pakai sepatu berhak rendah atau datar; ini membuat otot betis Anda bekerja lebih keras saat Anda berjalan.
  5. Jangan gunakan korset atau pakaian dalam ketat yang menekan pinggang atau selangka*ngan dan menghambat aliran darah kebagian atas kaki Anda. Hindari kaos kaki dengan karet yang ketat.
  6. Stocking penyokong dapat membantu, khususnya jika akan berdiri lama. Pasang di pagi hari, sebelum lutut Anda bengkak.
  7. Gunakan krem pelembab jika kulit kering dan gatal di bagian yang bervarises.
  8. Berhati-hati agar kulit yang bervarises tidak terpukul, karena akan memecaghan varises dan menyebabkan pendarahan parah.
  9. Berhenti merokok, ini dapat menyebabkan resiko varises semakin parah.

Pencegahan Varises

  • Perubahan gaya hidup dapat mengurangi resiko varises atau mencegah menjadi lebih parah, beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, sebagai berikut.
  • Kurangi berat badan untuk membantu menghilangkan tekanan pada pembuluh darah dan mencegah varises baru timbul.
  • Lakukan olahraga teratur, seperti berjalan, bersepeda, dan berenang untuk memperlancar sirkulasi.
  • Untuk mencegah konstipasi, minum 6-8 gelas air per-hari, termasuk banyak makanan berserat seperti roti wholemeal, nasi merah, kentang dengan kulit, kacang panggang, dan buah segar.
  • Kenakan stocking khusus secara teratur jika Anda hamil atau jika kerja berkaitan dengan berdiri dalam waktu lama.
  • Kunjungi dokter jika ; varises semakin parah dan timbul varises baru, pembuluh darah menjadi merah dan terasa hangat, kulit yang bervarises jadi berubah warna, nyeri, atau berair.

Nah, demikian beberapa cara sederhana untuk mencegah dan meminimalkan agar keluhan varises Anda tidak bertambah parah, semoga membantu.( R.A. Soraya  )
BASRI.D.S.Kep Kami miliki visi back to nature, dengan menggali potensi herbal melalui pendekatan biological based practice untuk membantu penyembuhan penyakit dan meningkatkan status kesehatan agar hidup lebih berkualitas. Semua konten yang dipublish di blog ini bersifat edukatif, bukan sebagai standar/panduan pengobatan, tetap berkonsultasi ke dokter atau ahli herbal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel