Tips Praktis dan Ampuh Obati Sariawan

Tips Praktis dan Ampuh Obati Sariawan
TIPS SEHAT - Sariawan biasanya di mulai dengan rasa nyeri yang membakar atau pedih, kemudian timbul lubang dangkal dengan pinggiran yang memerah. Sariawan cenderung timbul kembali, tapi tak menular. Mereka lebih mungkin muncul jika Anda lelah atau stress. Beberapa wanita terkena sebelum mengalami masa menstruasi. Gigi palsu yang tak pas atau tidak hati-hati ketika menggosok gigi juga dapat menyebabkan sariawan. Kasus jarang, sariawan di mulut di sebabkan kanker.

Sariawan biasanya dalam waktu satu atau dua minggu tanpa pengobatan. Coba langkah-langkah praktis dan terbukti ampuh berikut ini untuk mengurangi nyeri dan membantu sariawan sembuh lebih cepat.

  • Makan makanan lembut, menyejukkan seperti yoghurt, es krim, dan custard. Minum air dingin atau minuman lainnya dengan menggunakan sedotan.
  • Hindari makanan atau minuman yang mengiritasi mulut dan memperburuk sariawan, seperti buah dan minuman jeruk, kopi, makanan asin dan pedas, makanan keras seperti kacang, keripik, yang dapat menggores juga makanan atau minuman sangat panas.
  • Bersihkan gigi dengan menggunakan sikat gigi yang lembut.
  • Gunakan obat kumur antiseptik ( cuci mulut selama semenit dua kali sehari dengan mouthwas yang mengandung 0,2% chlorhexidine untuk mengurangi resiko infeksi lanjutan dan akan mempercepat kesembuhan ). Alternatifnya, kumur dengan air garam dengan melarutkan setengah sendok kecil garam dalam 250 ml air hangat dan gunakan beberapa kali sehari. Kumur dalam mulut sekitar 30 detik, kemudian di keluarkan.
  • Oleskan pasta sariawan mulut yang mengandung steroid untuk mengurangi nyeri.
  • Kurangi nyeri dengan obat kumur penghilang nyeri, atau gel, semprotan yang mengandung anestetik ( penghilang rasa ) lokal.
  • Atur jadwal ke dokter bila Anda merasakan nyeri yang hebat, dan tidak mampu dikontrol dengan tips diatas, atau Anda mengalami kesulitan menelan, atau sariawan Anda tidak mengalami perbaikan setelah 2 minggu dan tambah membesar, dan juga jika sariawan di mulut berulang.
Karena sariawan juga biasa disebabkan karena asupan vitamin C yang kurang adekuat, untuk itu Anda juga dianjurkan untuk mengomsumsi buah-buahan yang cukup seperti jeruk dan buah lainnya yang kaya akan vitamin-C.