Jangan Anggap Remeh Ketombe di Kulit Kepala Anda

Ketombe ? kondisi yang tidak menyakitkan tapi memalukan, bayangkan saat Anda sedang berkumpul dengan teman-teman atau rekan kerja Anda, saat menyibakan rambut sejumlah serpihan sel rambut berjatuhan dari kulit kepala, kontras jika Anda mengenakan baju yang berwarna gelap, akan kelihatan sekali serpihan-serpihan ketombe yang jatuh dari rambut Anda.

Jangan Anggap Remeh Ketombe di Kulit Kepala Anda

Kulit kepala Anda mungkin akan terasa gatal dan merah, juga kelopak mata, hidung, atau dahi Anda. Ketombe biasanya dihubungkan dengan pertumbuhan sejumlah jamur di kulit kepala, atau bentuk ringan dari sebborhoeic dermatitis -- kemerahan bersisik dan gatal yang juga berefek pada kelopak mata. Ketombe lebih umum terjadi pada pria dan diperburuk dengan stres, penyakit, dan beberapa produk rambut. Sisik, serpihan kulit pada kulit kepala bayi di kenal sebagai cradle cap.

Ketombe biasanya dapat dikontrol dengan perawatan di bawah ini. Anda perlu mengulangi beberapa kali, karena ketombe cenderung kambuh lagi.
  • Gunakan merek shampoo ketombe dan cuci dengan air hangat bukannya panas. Pijat shampoo di kulit kepala dan biarkan bekerja -- Umumnya 3-5 menit. Bilas bersih sesudahnya.
  • Gunakan merek shampoo ketombe yang cocok dengan Anda. JIka Anda terkena gatal dan bercak kemerahan, hentikan segera menggunakan shampoo dan coba ganti yang mengandung komposisi bahan yang berbeda.
  • Jangan keringkan dengan pengering rambut karena dapat memperburuk ketombe.
  • Hindari produk rambut yang mengandung senyawa alkohol seperti hair spray, karena cenderung mengeringkan kulit kepala, juga mousse, gel, dan cat rambut yang bisa mengiritasi dan memperburuk ketombe.
  • Obati gatal, serpihan kulit di kelopak mata ( blepharitis ) dengan pembersih khusus.
  • Shampoo anti ketombe dapat membersihkan ketombe dalam beberapa minggu. Ikuti hati-hati intruksinya karena merek berbeda juga punya saran perawatan yang berbeda. Shampoo bisa mengandung pyrithione zinc, selenium sulphide, atau ketoconazole, yang cukup efektif. Sebagai alternatif gunakan shampoo yang mengandung coaltar dan salycid acid.
Jika keadaan tidak membaik dengan pengobatan di atas Anda perlu melakukan konsultasi medis dengan dokter Anda untuk memastikan kondisi dan pengobatan lebih lanjut.
BASRI.D.S.Kep Kami miliki visi back to nature, dengan menggali potensi herbal melalui pendekatan biological based practice untuk membantu penyembuhan penyakit dan meningkatkan status kesehatan agar hidup lebih berkualitas. Semua konten yang dipublish di blog ini bersifat edukatif, bukan sebagai standar/panduan pengobatan, tetap berkonsultasi ke dokter atau ahli herbal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel