Tips Sederhana Melawan Jerawat Bandel

Healthynesia - Banyak remaja yang berjerawat, kadang ini bisa membuat stres. Jerawat (acne), komedo, jerawat berisi air ini bisa menyebar di wajah dan kadang di dada dan punggung. Penyebabnya adalah hormon selama pubertas yang menstimulasi kelenjar penghasil minyak di kulit, mebuat lebih rentan pada penyumbatan dan infeksi. Jerawat cenderung menghilang sejalan waktu, tetapi bisa meninggalkan bekas. Jerawat di usia dewasa dipicu oleh stres, perubahan iklim, dan kosmetik tertentu.

Ada berbagai cara yang cukup sederhana yang dapat Anda lakukan guna memerangi jerawat yang membadel, baik pada remaja atauorang dewasa.

  • Coba Obat yang mengandung benzoyl peroxide untuk mengurangi jerawat.
  • Cuci daerah infeksi dua kali sehari dengan air hangat dan sabun tanpa minyak serta pewangi. Cuci rambut setiap hari dan jangan gunakan conditioner.
  • Hindari menutup luka atau daerah infeksi dengan pakaian ketat, dan jangan menggunakan tpoi.
  • Jangan memencet jerawat karena infeksi akan menyebar. Berhati-hatilah saat mencukur.
  • Hindari kosmetik berbasis minyak dan krem. Pilih produk non komedogenik, yang tak menutupi pori-pori.
  • Jangan gosok atau memegang wajah tanpa sadar. Jauhkan telepon dari muka saat menelpon.
  • Atur jadwal ke dokter bila jerawat Anda tidak membaik., atau menyebar, merah dan berair, setelah Anda menggunakan obat sendiri selama 2 minggu dan jika Anda wanita, tumbuh bulu di wajah dan menstruasinya tidak teratur.

Saran diet untuk mengatasi Jerawat :

Makanan sehat membantu sistem imun dan mempertahankan kulit sehat. Tambahkan diet daging tanpa lemak, ikan berminyak seperti salmon, buah sayuran berdaun hijau, gandum, walnut, biji bunga matahari dan linseed.
BASRI.D.S.Kep Kami miliki visi back to nature, dengan menggali potensi herbal melalui pendekatan biological based practice untuk membantu penyembuhan penyakit dan meningkatkan status kesehatan agar hidup lebih berkualitas. Semua konten yang dipublish di blog ini bersifat edukatif, bukan sebagai standar/panduan pengobatan, tetap berkonsultasi ke dokter atau ahli herbal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel