Kenali Pilek Alergi pada Anak

Kenali Pilek Alergi pada Anak – Pernahkah mengalami hal berikut ini, dimana setiap pagi saat bangun tidur, buah hati Anda selalu bersin-bersin dan hidungnya pun berair mengeluarkan ingus. Ia pun harus sibuk menghapusnya ingusnya. Tidak hanya itu saja matanya pun terasa gatal dan berair. Hal tersebut baru berhenti atau agak reda saat hari mulai siang menjelang pukul 10.00. Hal tersebut selalu berulang setiap harinya. Jika buah hati Anda mengalami hal tersebut bisa jadi ia mengalami pilek alergi. 

cara mengatasi pilek alergi pada anak

Berdasarkan penelitian yang dilakukan FK UI dikatakan terdapat sekitar 20 persen penduduk mengalami pilek alergi. Sebagian besar diderita anak-anak dan remaja. Penyakit ini memang tidak berbahaya namun tentu bisa menganggu aktifitas sehari-hari. Anak-anak kehilangan konsentrasi untuk belajar, kurang percaya diri sementara jika dialami orang dewasa tentu akan menganggu konsentrasi dalam bekerja. 

Bagaimana Cara Mengatasi Pilek Alergi?

Menurut dr. Samsuridjal Djauzi cara mengatasi pilek alergi dengan menghindari faktor pencetus alergi misalnya dengan rajin membersihkan debu-debu khususnya di dalam kamar. Selain itu bisa diatasi dengan penggunaan obat antialergi dan obat antiradang. 

  • Obat antialergi (antihistamin) akan membantu mengurangi gejala pilek alergi. Obat antihistamin akan membantu mengurangi berbagai gejala alergi misalnya bersin-bersin, rasa gatal pada hidung, maupun pilek. Hanya saja obat antihistamin kurang manjur untuk mengatasi hidung tersumbat. Hanya saja sebagian besar obat antihistamin memiliki efek samping mengantuk sehingga tidak memungkinkan untuk dikonsumsi anak-anak sebelum sekolah. Perlu konsultasi atau bertanya pada dokter ata apoteker apakah tersedia obat antihistamin generasi baru yang saat ini memiliki efek samping mengantuk yang lebih sedikit.
  • Obat semprot hidung yang memiliki kandungan steroid atau antiradang juga membantu mengatasi gejala pilek alergi. Obat antiradang yang disemprotkan ini akan membantu mengatasi hidung tersumbat. Hanya saja penggunaannya memerlukan bimbingan dokter atau apoteker. Hal ini diperlukan agar obat bisa benar-benar bekerja lebih maksimal. 

Jika buah hati mengalami gejala tersebut ada baiknya benar-benar melakukan pemeriksaan yang benar. Hal ini diperlukan agar benar-benar mengetahui apakah buah hati Anda mengalami pilek alergi atau justru pilek infeksi. Misalnya dengan melakukan tes alergi baik tes kulit maupun tes laboratorium. 

Bagaimana? Semoga informasi tersebut sedikit membantu. Dan jangan khawatir penggunaan obat antihistamin maupun obat antiradang akan sangat membantu ketika buah hati Anda mengalami pilek alergi. Tentu saja harus diimbangi dengan pemberian makanan bergizi dan selalu menjaga kebersihan rumah dan kamar buah hati sehingga terhindar dari faktor pencetus pilek alergi.

semacam masih seorang blogger angin-anginan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel