Latest News

Cara Mengatasi Ruam Popok

Healthynesia – Ruam popok merupakan radang kulit yang biasa terjadi di daerah yang ditutupi popok.Misalnya alat kelamin, lipatan paha, dan pantat.Ruam ini terjadi karena kulit terlalu sering terpapar ( bersentuhan ) dengan air seni atau tinja sehingga kulit tampak kemerahan, kadang disertai bintil-bintil.



Cara Penanganan Ruam Popok Pada Bayi antara lain :

Usahakan kulit bayi selalu dalam keadaan kering.Apabila baru mengompol segera basuh menggunakan waslap yang telah dibasahi air.Setelah itu keringkan menggunakan kain lembut.Bila perlu, olesi kulit yang terkena ruam menggunakan salep kulit atau krem.Salep kulit/krem ini dapat mengurangi rasa gatal dan merah-merah pada kulit yang terkena ruam.Hal yang perlu Anda ketahui setelah dioles salep kulit/krim tidak perlu menambahkan bedak pada ruam tersebut.Hal ini dapat menyebabkan penumpukan kotoran pada kulit.

Cara Pencegahan 
  • Hindari menggunakan popok atau celana dari bahan plastik, karet, wol, nilon, atau bahan lainnya yang sulit menyerap keringat.
  • Jangan mengikat popok terlalu kencang.
  • Apabila ruam popok meluas ketempat lain dan menyebabkan bayi kesakitan, sebaiknya segera di bawa ke puskesmas atau dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.